SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah vokasi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sekolah vokasi menjadi salah satu pilihan tepat bagi para lulusan sekolah menengah agar segera siap terjun ke dunia industri atau siap kerja. Namun tahukah Anda apa itu arti sebenarnya dari sekolah vokasi?

Dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), sekolah vokasi merupakan pendidikan tinggi yang lebih fokus pada praktik kerja yang dapat menunjang keahlian di bidang studi tertentu.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Sekolah vokasi berada di bawah pengawasan langsung Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan vokasi serta pelaksanaan kebijakan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, perguruan tinggi bisa menyelenggarakan sekolah vokasi di kampus mereka. Lalu, kampus apa saja yang memiliki sekolah vokasi itu?

Salah satu perguruan tinggi yang memiliki sekolah vokasi adalah Universitas Pignatelli Triputra (Upitra). Perguruan tinggi tersebut memiliki kampus di Jl Duwet No 1, Karangasem, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Upitra memiliki fakultas vokasi dengan misi menjadi kampus bereputasi unggul yang membentuk sumber daya manusia (SDM) kompeten, berkarakter baik, bersemangat kebhinekaan, berorientasi global dan siap kerja.

Lalu apa saja jurusan di sekolah vokasi yang ada di Upitra?

Upitra menyediakan tiga jurusan di fakultas vokasi, yakni D3 Bahasa Inggris, D3 Akuntansi, dan D3 Manajemen Keuangan. Ketiga jurusan itu berorientasi menyiapkan SDM yang siap terjun ke dunia industri alias siap kerja.

Ketiga jurusan di sekolah vokasi Upitra itu memiliki berbagai macam prospek di dunia industri. Berbagai macam prospek itu adalah kesempatan menjadi marketing, jurnalis, dosen, peneliti, analisis ekonomi, serta menjadi karyawan lembaga pemerintahan, perusahaan swasta, perbankan, dan masih banyak lagi.

Upitra membuka kesempatan bagi para lulusan SMA sederajat untuk segera bergabung sebagai bagian dari sekolah vokasi itu. Pendaftaran menjadi mahasiswa sekolah vokasi Upitra pun cukup mudah.

Calon mahasiswa bisa mendaftar secara online melalui laman Pmb.upitra.civitas.id atau mendaftar langsung ke kampus. Informasi lengkap mengenai pendaftaran mahasiswa baru Upitra bisa diakses melalui nomor telepon 0811-290-7500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya