SOLOPOS.COM - jurusan rekayasa perangkat lunak belajar apa

Solopos.com, SOLORekayasa Perangkat Lunak menjadi jurusan yang memiliki prospek cukup menjanjikan di lingkungan kerja. Namun, banyak yang belum tahu kira-kira jurusan Rekayasa Perangkat Lunak itu belajar apa saja sih?

Jurusan yang masih berkaitan dengan Ilmu Komputer ini fokus dalam hal pengembangan, desain, dan pengujian perangkat lunak. Nantinya, lulusan jurusan ini diharapkan memiliki keahlian yang dibutuhkan industri teknologi informasi, seperti membangun perangkat lunak berkualitas tinggi, memecahkan masalah kompleks dalam pengembangan perangkat lunak, dan kemampuan dalam beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Lulusan jurusan ini memiliki karier cemerlang di bidang software engineer atau developer, quality assurance enggineer, software tester, web developer, mobile developer, game developer, database administrator, system analist, hingga technical writer.

Lalu, jurusan Rekayasan Perangkat Lunak ini belajar apa saja sih?

Mengutip laman resmi Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) Yogyakarta, jurusan Rekaya Perangkat Lunak ini mempelajari beberapa ilmu, seperti teknologi informasi, pemrograman, algoritma dan aljabar, matematika, jaringan komputer, manajemen proyek, pengembangan gim, statistika, hingga interoperabilitas.

Dengan dibekali ilmu tersebut, lulusan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bisa bekerja di perusahaan startup teknologi, instansi pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta, maupun menjadi teknopreneur.

Meski mempunyai prospek kerja yang cemerlang, belum banyak perguruan tinggi yang mempunyai Rekayasa Perangkat Lunak, jurusan yang banyak belajar apa saja tentang software dan komputer itu.

Salah satu perguruan tinggi yang mempunyai jurusan tersebut ada Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) di Solo, Jawa Tengah. Kampus yang baru berusia satu tahun itu mempunyai jurusan tersebut di tingkat S1.  Upitra menjadi satu-satunya kampus yang memiliki jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Soloraya.

Bahkan, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Upitra Solo ini mempunyai banyak keunggulan, berikut ini di antaranya:

  1. Kurikulum yang mengikuti perkembangan terkini bidang rekayasa perangkat lunak.
  2. Pengajaran yang menggunakan pendekatan praktikal dan industrial yang berfokus kepada menganalisa kebutuhan dan proses bisnis perusahaan, serta mampu menghasilkan sistem yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
  3. Program mentorship dari kalangan akademisi dan praktisi bagi setiap individu mahasiswa.
  4. Pemilihan konsentrasi yang disesuaikan dengan minat mahasiswa, yaitu pengembangan web dan aplikasi.

Lulusan Rekayasa Perangkat Lunak Upitra Solo ini juga berkesempatan bekerja di Triputra Group, perusahaan besar yang menaungi empat lini bisnis, yakni agribisnis, manufaktur, pertambangan, trading, dan jasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya