SOLOPOS.COM - Ilustrasi beasiswa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kuliah gratis dengan cara mendapatkan beasiswa merupakan impian setiap orang. Apalagi sekarang banyak perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa bagi mereka yang berpretasi.

Biaya kuliah tiap tahun semakin meningkat dan hal ini menjadi beban tersendiri bagi para orang tua yang ingin menyekolahkan putra-putrinya ke pendidikan yang lebih tinggi.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Meski pemerintah telah menyediakan program Kartu Indonesia Pintar (KIP), ternyata orang tua masih waswas untuk menguliahkan putra-putrinya ke pendidikan tinggi. Hal ini dikarenakan KIP hanya diperuntukkan bagi keluarga yang kurang mampu.

Selain KIP, apakah ada cara lain untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis?

Sebetulnya banyak beasiswa baik yang ditawarkan pemerintah maupun swasta, seperti LPDP, Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Beasiswa Pendidikan Indonesia, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada beberapa universitas yang juga menyediakan beasiswa kuliah gratis hingga 100%, salah satunya Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) di Solo, Jawa Tengah. Kampus yang merupakan penggabungan dua institusi, yakni ABA Pignatelli dan STIE Pignatelli ini mempunyai beberapa program beasiswa bagi mereka yang berprestasi maupun berasal dari keluarga tidak mampu.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Upitra, Thomas Ambar Prihastomo, mengatakan ada beasiswa bebas biaya perkuliahan 25-100% di Upitra bagi mereka yang mendaftar di kampus tersebut. Selain itu, ada pula kuota beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif Upitra di semester III.

Tentunya untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis di Upitra ini bisa dilakukan dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan kampus yang terletak di Jl Duwet I, Karangasem, Laweyan, Solo. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di sini maupun datang langsung ke kampus.

“Selain beasiswa Upitra untuk Indonesia, juga ada beasiswa keluarga Upitra yang bebas biaya perkuliahan 50% dan 25% hingga lulus kuliah,” terang pria berusia 42 tahun ini kepada Solopos.com, Jumat (28/7/2023).

Rencana pengembangan Kampus Upitra Solo. (Istimewa)
Rencana pengembangan Kampus Upitra Solo. (Istimewa)

Untuk memperoleh beasiswa tersebut, calon mahasiswa Upitra harus melalui beberapa seleksi, yakni Tes Potensi Akademik (TPA) dan wawancara. Namun, untuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022/2023 yang ditutup pada Agustus 2023, program beasiswa bebas biaya kuliah 100% hingga lulus kuotanya tinggal beberapa saja.

“Ada syaratnya, prestasi akademik atau pun nonakademik. Untuk beasiswa 100%, calon mahasiswa hanya dikenakan biaya awal berupa jas almamater, Kartu Mahasiswa, dan juga asuransi yang digunakan untuk perlindungan mahasiswa,” tambah dia.

Sementara itu, untuk mahasiswa aktif perkuliahan Upitra dapat memperoleh beasiswa di semester III dengan cara mengajukan atau pun dipilih oleh pihak kampus asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, salah satunya berprestasi.

Sebagai informasi, Upitra Solo mempunyai tiga fakultas yang terdiri dari delapan program studi, yakni S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Sistem Informasi, S1 Informatika, S1 Rekayasa Perangkat Lunak, D3 Bahasa Inggris, D3 Akuntansi, dan D3 Manajemen Keuangan. Rata-rata program studi di Upitra terakreditasi baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya