SOLOPOS.COM - Ilustrasi durian. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Raja Buah merupakan julukan yang diberikan untuk buah durian. Durian merupakan salah satu tumbuhan tropis yang asalnya dari Asia Tenggara. Buah ini memiliki duri pada kulitnya hingga dinamai durian. 

Durian memiliki rasa manis legit membuat banyak orang menyukainya, tetapi aromanya yang menyengat membuat sebagian orang tidak menyukainya.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Dilansir dari cybex.pertanian.go.id yang diakses pada Selasa (18/7/2023), ada beberapa kriteria durian hingga bisa disebut sebagai durian unggul. 

Durian unggul ditandai dengan penampilan menarik, duri besar dan berbentuk piramida, bentuk buahnya elips dan beraturan serta tidak memiliki belimbingan, tangkai buahnya relatif pendek, daging buah berserat halus, pulen, kering, berwarna kuning madu, tebal, dan manis.

Selain lezat, durian juga mengandung banyak manfaat. Manfaat durian antara lain dapat mencegah dan mengatasi sembelit, membantu mencegah anemia, meningkatkan kesehatan kulit, mengatur kadar gula darah, mendorong nafsu makan, dan membantu mencegah depresi.

Walaupun banyak mengandung manfaat, tetapi sebaiknya durian tidak dikonsumsi secara berlebihan karena di dalam durian ditemukan juga senyawa alkohol. 

Meski sedikit, ada baiknya menghindari konsumsi durian secara berlebihan. 

Selain itu durian juga mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi sehingga kalorinya pun tinggi. Maka dari itu, sebaiknya tidak mengonsumsi durian secara berlebihan.

Menurut laporan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, Indonesia menghasilkan durian sebanyak 1.582.127 ton. Berikut merupakan provinsi yang menghasilkan durian paling banyak di Indonesia.

1. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi yang menghasilkan durian terbanyak di Indonesia. Menurut data BPS pada 2022, Provinsi Jawa Timur menghasilkan durian sebanyak 419.913 ton.

Kabupaten Pasuruan menjadi kabupaten yang menghasilkan buah durian terbanyak di Provinsi Jawa Timur. Menurut BPS Jawa Timur, pada 2022 Kabupaten Pasuruan menghasilkan 1.134.078 kuintal buah durian.

Kabupaten lain di Jawa Timur yang menghasilkan buah durian paling banyak yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Jombang.

2. Sumatra Barat

Provinsi kedua yang menjadi provinsi dengan hasil produksi buah durian terbanyak di Indonesia adalah Provinsi Sumatera Barat. 

Menurut data BPS pada 2022, Sumatra Barat menghasilkan 219.638 ton buah durian. Pada 2020 menurut BPS Sumatra Barat, 69.785,30 ton buah durian berhasil dihasilkan oleh Provinsi Sumatra Barat.

Kabupaten Agam menjadi kabupaten dengan jumlah hasil produksi durian terbanyak di Sumatra Barat yaitu 13.243,20 ton pada tahun 2020. 

Kabupaten selanjutnya yang juga menghasilkan banyak buah durian adalah Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

3. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah menduduki peringkat nomor tiga sebagai provinsi dengan hasil produksi buah durian terbanyak di Indonesia. 

Menurut data BPS pada 2022, Provinsi Jawa Tengah berhasil menghasilkan buah durian sebanyak 181.713 ton.

Menurut data laporan BPS Jawa Tengah, pada 2021 Provinsi Jawa Tengah berhasil menghasilkan 1.694.937 kuintal buah durian. 

Kabupaten Semarang menjadi kabupaten yang menghasilkan paling banyak buah durian di Jawa Tengah yaitu sebanyak 213.700 kuintal.

Kabupaten selanjutnya yang menghasilkan durian terbanyak di provinsi ini yaitu Kabupaten Tegal, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Pekalongan.



4. Sumatra Utara

Provinsi yang menghasilkan buah durian paling banyak di Indonesia nomor empat yaitu Provinsi Sumatera Utara. 

Menurut data BPS pada 2022, Provinsi Sumatera Utara menghasilkan 119.371 ton buah durian. Pada 2021 Provinsi Sumatera Utara menghasilkan 1.194.266 kuintal buah durian. 

Kabupaten Tapanuli Selatan menjadi kabupaten yang paling banyak menghasilkan buah durian pada tahun 2021 yaitu sebanyak 182.956 kuintal. 

Selanjutnya ada Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Dairi, Kabupaten Mandailing Natal, dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

5. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat masuk dalam salah satu provinsi yang menghasilkan buah durian paling banyak di Indonesia. Menurut data BPS pada 2022, Provinsi Jawa Barat menghasilkan 80.334 ton buah durian.

Kabupaten Cianjur menjadi kabupaten yang menghasilkan durian paling banyak di Jawa Barat. Menurut opendata.jabarprov.go.id yang diakses pada Selasa (18/7/2023), pada 2021 Kabupaten Cianjur menghasilkan 144.728 kuintal buah durian. 

Kabupaten yang menghasilkan durian paling banyak di Jawa Barat selanjutnya yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya