SOLOPOS.COM - Seorang warga memilah-milah bawang merah yang digelar atau diangin-anginkan di teras depan rumah di Dukuh Jumeneng, Desa Padas, Tanon, Sragen, Selasa (23/11/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu).

Solopos.com, SOLO — Bawang merah merupakan salah satu tanaman holtikultura yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, 5 provinsi ini di Indonesia ini menjadi daerah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia.

Dalam keseharian memasak, bawang merah digunakan untuk bumbu masakan bahkan taburan dalam penyajian makanan. 

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Bawang merah sangat dibutuhkan dalam industri kuliner karena hampir semua makanan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bumbu dasarnya.

Berbagai inovasi industri makanan di Indonesia seperti bumbu masakan instan, sambal siap makan, bawang goreng, dan berbagai produk lain membutuhkan lebih banyak bawang merah dalam produksinya. Akibatnya, permintaan bawang merah semakin tinggi.

Dilansir dari satudata.pertanian.go.id yang diakses pada Selasa (18/7/2023), permintaan bawang merah mengalami permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya. 

Meskipun produksinya meningkat, tetapi belum bisa mencukupi permintaan yang semakin meningkat juga.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa pada 2022, produksi bawang merah di Indonesia mencapai angka 1.982.360 ton. 

Berikut merupakan deretan provinsi yang menghasilkan produksi bawang merah paling banyak di Indonesia pada 2022 menurut data dari BPS.

1. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi nomor satu di Indonesia yang menghasilkan bawang merah paling banyak. Menurut BPS pada 2022, Jawa Tengah menghasilkan bawang merah sebanyak 556.510 ton.

Pada 2020, BPS menyebutkan bahwa Jawa Tengah berhasil menghasilkan bawang merah sebanyak 5.924.887 ton bawang merah. Daerah dengan hasil bawang merah paling banyak di Jawa Tengah adalah Kabupaten Brebes.

Menurut BPS pada tahun 2020, Kabupaten Brebes menghasilkan 3.835.111 ton bawang merah. Kabupaten yang menghasilkan bawang merah paling banyak selain Kabupaten Brebes yaitu Kabupaten Demak, Kabupaten Pati, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Kendal.

2. Jawa Timur

Provinsi yang menghasilkan bawang merah paling banyak nomor dua di Indonesia adalah Provinsi Jawa Timur. Menurut data BPS pada 2022, produksi bawang merah di Jawa Timur mencapai 478.393 ton.

Kabupaten Nganjuk menjadi kabupaten dengan produksi bawang merah paling banyak di Jawa Timur. Menurut satudata.pertanian.go.id, Kabupaten Nganjuk menyumbangkan hasil produksi bawang merah sebesar 39,83 persen. 

Kabupaten selanjutnya yang menyumbangkan hasil bawang merah terbanyak yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Bojonegoro.

3. Sumatra Barat

Provinsi Sumatrra Barat menjadi provinsi nomor tiga yang menghasilkan bawang merah paling banyak di Indonesia. Menurut data BPS pada 2022, hasil produksi bawang merah Provinsi Sumatera Barat mencapai 207.376 ton.

Pada tahun 2020, Provinsi Sumatera Barat menghasilkan 153.765,20 ton bawang merah. Kabupaten Solok menjadi kabupaten dengan hasil produksi bawang merah paling banyak di Sumatera Barat. Pada 2020, Kabupaten Solok menghasilkan 138.914,90 ton bawang merah.

Selain Kabupaten Solok, ada Kabupaten Agam, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Lima Puluh Kota yang menjadi kabupaten penghasil bawang merah paling banyak di Provinsi Sumatera Barat.

4. Nusa Tenggara Barat (NTB)

Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi provinsi nomor empat yang menghasilkan bawang merah paling banyak di Indonesia. 

Menurut data BPS pada 2022, Provinsi NTB menghasilkan 201.155 ton bawang merah. Pada 2020, Provinsi NTB menghasilkan 1.857.954 ton bawang merah. 

Kabupaten Bima menjadi kabupaten yang menghasilkan bawang merah terbanyak di Provinsi NTB. Pada 2020, Kabupaten Bima menghasilkan 1.362.924 ton bawang merah.



Kabupaten selanjutnya yang menjadi kabupaten dengan hasil produksi bawang merah terbanyak di Provinsi NTB adalah Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Lombok Utara.

5. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat masuk dalam deretan provinsi yang menghasilkan bawang merah terbanyak di Indonesia. Menurut data BPS pada 2022, Provinsi Jawa Barat menghasilkan 193.318 ton bawang merah.

Kabupaten Bandung menjadi kabupaten dengan hasil produksi bawang merah terbanyak di Provinsi Jawa Barat.

Menurut opendata.jabarprov.go.id, pada 2021 Kabupaten Bandung menghasilkan 58.901 ton bawang merah. 

Kabupaten selanjutnya yang menghasilkan bawang merah terbanyak di Jawa Barat adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya