SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo dalam Debat Pertama Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (KPU)

Solopos.com, MAGELANG — Calon Presiden (capres) RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo, sempat diminta untuk berbagi rezeki oleh seorang warga yang berada di Dusun Gunung Bakal, Desa Sumberarum, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023).

Awalnya, warga tersebut menanyakan apakah Ganjar tak berbagi uang kepada masyarakat. “Tidak bagi-bagi toh Pak,” kata warga kepada Ganjar sebagaimana dilansir Antara.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Ganjar pun balik bertanya, “Bagi apa?”

“Bagi-bagi uang, bagi-bagi rezeki toh maksudnya,” balas warga.

Mendegar hal itu, Ganjar lantas memanggil panitia pengawasan pemilu (panwaslu) setempat yang mengawasi dirinya berkampanye di Magelang.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu lantas bertanya langsung kepada petugas Panwaslu apakah dirinya boleh membagikan uang kepada masyarakat saat berkampanye.

“Panwas, ini ada pertanyaan ‘Pak Ganjar bagi-bagi rezeki, bagi-bagi duit boleh tidak?'” tanya Ganjar kepada panwaslu.

Panwaslu tersebut menegaskan bahwa bagi-bagi uang tak diperbolehkan. “Mboten (tidak) ya,” tegas petugas panwaslu.

Warga tersebut lantas menanyakan alasan tak boleh bagi-bagi uang. Panwaslu pun mengatakan bahwa bagi-bagi uang merupakan money politic atau politik uang. “Kenapa tidak boleh? Karena itu money politic,” tambah petugas panwaslu.

Adapun politik uang adalah suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya untuk memilih maupun supaya yang bersangkutan menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat pemilihan umum. Pembelian bisa menggunakan uang atau barang.

Ganjar menjelaskan kepada warga tersebut mengenai arti money politic. “Tahu? Money itu duit. Money politic artinya politik uang. Artinya, tidak boleh,” jelas Ganjar.

Setelah mengetahui penjelasan dari Ganjar mengenai politik uang, warga tersebut mengurungkan niatnya. Mereka pun akhirnya bersalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya