SOLOPOS.COM - Gus Mus membacakan puisi-puisinya pada acara Gelar Sastra Jawa Tengah 2023 di Taman Budaya Jawa Tengah Solo, Selasa (31/10/2023). (Istimewa/Twitter X)

Solopos.com, SOLO — KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus membacakan puisi-puisinya pada acara Gelar Sastra Jawa Tengah 2023 di Taman Budaya Jawa Tengah Solo, Selasa (31/10/2023). 

Salah satu potongan puisinya itu kemudian viral di media sosial X atau Twitter, karena diduga menyindir keadaan politik Indonesia saat ini. 

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Zaman kemajuan, inilah zaman kemajuan. Ada sirup rasa jeruk dan durian. Ada keripik rasa keju dan ikan. Ada republik rasa kerajaan,” kata Gus Mus disambut tepuk tangan para penonton.

Dilansir Bisnis.com, meskipun tak menjelaskan secara detail, namun netizen berspekulasi bahwa puisi tersebut sengaja ditujukan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pasalnya diketahui, Presiden Jokowi saat ini banyak dituding tengah melakukan politik dinasti karena keluarganya banyak terjun di dunia pemerintahan. 

Anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka yang menjabat sebagai Wali Kota Solo, kini diusung naik menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. 

Gibran sebelumnya tak bisa maju sebagai cawapres karena belum memenuhi syarat umur. Namun ia akhirnya lolos, setelah MK mengabulkan gugatan batas usia capres-cawapres. 

Yang menjadi polemik adalah, Ketua MK yang mengabulkan permintaan batas usia capres-cawapres diubah merupakan kakak ipar dari Presiden Jokowi. Pergerakan politik Jokowi ini kemudian membuat banyak orang menilai bahwa sang presiden tengah membangun dinasti politiknya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Viral Gus Mus Diduga Sindir Jokowi Lewat Puisinya: Ada Republik Rasa Kerajaan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya