SOLOPOS.COM - Vandalisme di Gua Hira. (Tangkapan layar YouTube Jeda Nulis)

Solopos.com, MAKKAHGua Hira viral beberapa hari terakhir karena kabar yang menyebut adanya vandalisme coretan bertuliskan Depok.

Gua ini merupakan salah satu gua yang ada di Arab Saudi sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW. Gua ini memiliki sejarah mendalam bagi umat Islam di seluruh dunia. 

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Di gua inilah Rasulullah menerima wahyu pertamanya dari Allah SWT yang dibawakan oleh Malaikat Jibril. Wahyu tersebut adalah Surat Al-Alaq ayat 1-5.

 Wahyu tersebut turun saat Nabi Muhammad merenung dan berdiam diri. Dilansir dari islam.nu.or.id yang diakses pada Rabu (26/7/2023), Gua Hira terletak sejauh 2 farsakh di sebelah utara Kota Mekkah.

Tepatnya di atas sebuah bukit yang bernama Jabal Nur. Gua ini selalu dikunjungi oleh Nabi Muhammad pada bulan Ramadhan untuk menyendiri.

Pada suatu hari saat Nabi Muhammad sedang merenung di Gua Hira, beliau dikejutkan oleh kedatangan suatu sosok yang ternyata adalah seorang malaikat yang membawa wahyu berupa ayat Al-Qur’an dan datanya dari Allah.

Saat itu Malaikat Jibril berkata kepada Nabi Muhammad ‘Bacalah!’ dan Nabi Muhammad menjawab ‘Saya tidak bisa membaca.’ Malaikat Jibril memegang Nabi Muhammad serta mengguncangnya dan membuat Nabi Muhammad ketakutan.

Setelah tiga kali diulangi, Nabi Muhammad baru dapat membaca dan mengucapkan apa yang diperintahkan oleh Malaikat Jibril.

Bacaan yang dibaca oleh Nabi Muhammad dan dibawa oleh Malaikat Jibril itu merupakan Al-Qur’an Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Setelah itu Nabi Muhammad pulang dalam keadaan gemetar dan meminta istrinya, Khadijah untuk menyelimuti beliau hingga ketakutan beliau menghilang. 

Nabi Muhammad menceritakan apa yang baru saja dialaminya di Gua Hira kepada Khadijah setelah ketakutannya hilang. 

Setelah itu Khadijah membawa Nabi Muhammad bertemu dengan Waraqah bin Naufal yang merupakan saudara sepupu Khadijah.

Waraqah bin Naufal merupakan pemeluk agama Nasrani yang sangat taat dan alim, beliau menguaasai Bahasa Ibrani dan pandai menulis. 

Waraqah bin Naufal ketika itu sudah berusia tua dan kedua matanya mengalami kebutaan. Khadijah meminta Waraqah bin Naufal untuk mendengarkan apa yang diceritakan oleh Nabi Muhammad sehingga Waraqah bin Naufal pun mendengarkannya.

Setelah mendengarkan, Waraqah bin Naufal mengatakan bahwa Nabi Muhammad didatangi oleh seorang malaikat yang dulunya juga mendatangi Nabi Isa AS. 

Selain itu Waraqah bin Naufal juga mengatakan bahwa akan menolong Nabi Muhammad jika nanti beliau diusir oleh kaumnya karena menyebarkan ajaran agama jika Waraqah masih hidup. Sayangnya, tak lama setelah itu Waraqah bin Naufal wafat.

Sekarang ini Gua Hira sering dikunjungi oleh orang-orang sebagai tempat doa yang dianggap mujarab. Gua Hira umumnya dikunjungi oleh jamaah haji dan umrah dari seluruh dunia. 

Di Gua Hira juga terdapat tulisan wahyu yang dibawa oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad yaitu Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya