SOLOPOS.COM - Salah satu coretan di Gua Hira, Jabal Nur, Arab Saudi. (Youtube Jeda Nulis)

Solopos.com, JAKARTA — Aksi vandalisme berupa coretan menimpa salah satu situs yang disucikan umat Islam, Gua Hira, yang berada di Jabal Nur, Hijaz, Arab Saudi.

Mirisnya, di antaranya coretan tulisan tangan di Gua Hira itu diduga kuat dilakukan orang Indonesia.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Di bebatuan sekitar Gua Hira terdapat banyak coretan vandalisme, di antaranya tulisan Depok Rojali Andriyani Miftah.

Fakta adanya coretan depok di Gua Hira itu diungkap dai muda yang sedang naik daun, Habib Jafar Assegaf, di kanal Youtube Jeda Nulis pada 20 Juli 2023.

Habib Jafar mengaku mengunjungi Gua Hira beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, Gua Hira disucikan karena menjadi tempat Nabi Muhammad S.A.W. kali pertama menerima wahyu dari Allah S.W.T.

“Di antara yang saya sayangkan, di bebatuan jalur pendakian ke Gua Hira ada vandalisme,” ungkap dai berusia 35 tahun itu.

Layaknya terjadi di Indonesia, Habib Jafar menemukan coretan nama orang yang familiar di Indonesia serta nama wilayah yakni Depok.

“Beberapa pelaku vandalisme ini jelas orang Indonesia karena lihat tuh, namanya Rojali, Andriyani, Miftah dan Depok,” ungkapnya.

Tak hanya vandalisme, Habib Jafar yang dekat dengan mentalis Deddy Corbuzier itu juga menemukan banyak sampah di sepanjang jalur menuju Gua Hira.

Para peziarah tidak membuang sampah ke tempat yang telah disediakan petugas setempat.

“Di sepanjang track menuju Gua Hira itu padahal sudah disediakan plastik-plastik sebagai tempat sampah. Tetapi orang buang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Pantauan Solopos.com hingga Selasa pukul 20.00 WIB, video Habib Jafar saat berkunjung ke Gua Hira telah ditonton lebih dari 74.000 kali, dan mendapat ratusan komentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya