SOLOPOS.COM - Ratusan kelompok KKN UNS Solo mengikuti Expo Produk Desa Binaan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di halaman rektorat setempat, Jumat-Sabtu (1-2/9/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar Expo Produk Desa Binaan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di halaman rektorat setempat, Jumat-Sabtu (1-2/9/2023).

Gelaran itu diikuti oleh 193 stand dari 404 kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang ada di UNS Solo. Mahasiswa memamerkan berbagai produk makanan, fashion, art, craft, teknologi tepat guna, dan produk edukasi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho menyebut expo tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan MBKM. Dia menyebut tujuannya untuk mengimplementasikan hasil luaran yakni program membangun desa.

Dai mengatakan sejauh ini mahasiswa mempraktekkan sekaligus melakukan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa tempat KKN masing-masing mahasiswa.

“Mahasiswa mendapatkan pengalaman untuk bisa tahu dunia yang nyata. Mahasiswa juga melakukan aktivitas MKBM itu salah satunya pendampingan usaha kecil mikro,” kata dia ketika ditemui wartawan, Jumat (1/9/2023).

Jamal menyebut pendampingan akan terus dilakukan, agar UMKM mampu menjual barang atau jasa secara nasional dan menembus pasar internasional.

“Jadi ini terus kita melakukan pendampingan agar UMKM mampu meningkatkan perekonomian dan pertumbuhan secara nasional dan bisa melakukan kegiatan ekspor,” kata dia. Jamal mengatakan pendampingan itu juga dilakukan secara berkelanjutan.

Jamal menyebut kegiatan Expo Produk Desa Binaan Mahasiswa juga dapat mendongkrak Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) poin dua, yakni mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Kepala Unit Pelaksana KKN UNS, Nurhadi mengatakan Expo Produk Desa Binaan terdapat juga Talkshow dan Workshop Evaluasi Program KKN Tematik MBKM Membangun Desa yang dihadiri oleh Kepala Desa lokasi MBKM.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk evaluasi Program KKN Tematik MBKM Membangun 2023, dan mempersiapkan program KKN tematik depan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya