SOLOPOS.COM - Kerja sama internasional Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta dengan UniKL Malaysia. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dalam rangka memperingati satu dekade kerja sama internasional antara Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta dengan UniKL Malaysia, diselenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “A Decade of Collaboration Between Universiti Kuala Lumpur (UniKL) and Asosisasi Perguruan Tinggi Swasta, Indonesia (Aptisi)”, di UniKL Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (8/8/2023).

Kegiatan itu dihadiri Assoc. Prof. Dr. Singgih Purnomo, MM selaku Ketua Aptisi Komisariat II Surakarta dan Assoc. Prof. Dr. Rina Arum Prastyanti, M.H, Wakil Ketua Bidang Kerjasama. Acara tersebut menandai tonggak penting dalam sejarah kedua institusi, menyoroti komitmen kerja sama yang teguh terhadap inisiatif kolaboratif dan persahabatan dalam skala global.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Selama bertahun-tahun, kedua institusi pendidikan ini telah memulai berbagai usaha bersama dengan memperkuat kerja sama dan mendorong pertukaran budaya. Salah satu kolaborasi yang menonjol adalah pemberdayaan sinergi penelitian dengan mengirimkan 13 mahasiswa dari Aptisi termasuk dari Universitas Duta Bangsa Surakarta.

Kolaborasi tersebut untuk melanjutkan studi Ph.D ke UniKL, tentunya dengan menghasilkan pertukaran pengetahuan dan keahlian yang mendalam.

“Kerja sama ini bukan hanya tentang bersatunya institusi pendidikan dari kedua negara, melainkan tentang membangun jembatan antarbudaya, memupuk persahabatan, dan membangun jaringan global antarindividu yang memiliki cara berpikir dan komitmen yang sama untuk memberikan dampak positif bagi dunia,” kata Wakil Presiden (Kerjasama Internasional, Industri, dan Kelembagaan) dan Penjabat Presiden/Chief Executive Officer UniKL, YBhg. Asosiasi Prof.Ir. Dr Azman, Senin (7/8/2023).

UDB perkuat kerja sama internasional
Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta perkuat kerja sama dengan UniKL Malaysia, di UniKL Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (8/8/2023). (Istimewa)

Kunjungan pertama delegasi Universitas Duta Bangsa Surakarta ke UniKL terjadi pada tahun 2014. Kunjungan itu dihadiri tokoh-tokoh penting dari kedua institusi, termasuk Deputy President (Student Development & Campus Lifestyle) UniKL, YBhg. Prof. Dr. Zalizah Awang Long; General Manager, Divisi Infrastructure & Asset Management dan Covering Chief Management & Services Officer UniKL, Puan Mariam Yahaya; Direktur Kantor Internasional UniKL, Dr. Nadia Razali; Ketua Aptisi Surakarta sekaligus Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta, Assoc. Prof.Dr.Singgih Purnomo, MM; dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Humas, Kerjasama, dan Alumni Universitas Duta Bangsa Surakarta, Assoc. Prof.Dr.Rina Arum Prastyanti, M.H.

“Melalui eksplorasi sebuah jalan baru dalam kerja sama internasional, kita dapat memperkuat dampak kolektif terhadap masyarakat luas,” kata dia, dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Rabu (9/8/2023).

Bersama-sama mengatasi tantangan regional, kata Azman, kita akan mampu membuat perbedaan yang signifikan dalam kehidupan masyarakat. Ia menegaskan memelihara dan memperluas program pertukaran dosen dan mahasiswa yang akan memfasilitasi aliran ide, skill, dan pengalaman adalah komitmen yang perlu dijaga bersama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya