SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka (Solopos.com/Wahyu Prakoso) (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie, menilai calon wakil presiden (cawapres), Gibran Rakabuming Raka, memiliki keunggulan yang tidak dimiliki calon wakil lain, yakni pengalaman sebagai kepala daerah.

“Ini pasti akan menjadi keunggulan komparatif dibandingkan cawapres lainnya yang mungkin belum punya pengalaman di eksekutif,” kata Grace saat ditemui di Jakarta Barat, Kamis (21/12/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut Grace, status Gibran sebagai Wali Kota Solo menunjukkan bahwa dia memiliki pengalaman di bidang penataan perkotaan.

Selain itu, Grace juga menilai Gibran memiliki pengalaman dalam pengelolaan anggaran belanja daerah hingga pengambilan kebijakan strategis untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi Mas Gibran punya keleluasaan untuk mengelola anggaran untuk membuat kebijakan kebijakan yang langsung solutif kepada problem di tempatnya,” jelas dia sebagaimana dilansir Antara.

Oleh sebab itu, dia yakin Gibran akan dengan mudah menyampaikan gagasan tentang pembangunan kota hingga perekonomian pada Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023).

Sementara itu, ekjen Gibran Center, Fathul Nugroho, mengungkapkan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka akan menyoroti pentingnya mengembangkan ekonomi digital pada Debat Cwapres 2024, Jumat (22/12/2024) malam.

Ekonomi digital menjadi hal yang penting dikembangkan sebagai salah satu strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Mas Gibran akan membahas tentang pentingnya penguasaan teknologi digital, pengembangan infrastruktur digital, serta perlindungan dan keamanan data dalam ekosistem digital, khususnya untuk kalangan milenial dan generasi Z,” kata Fathul dalam keterangan yang diterima di Jakarta, seperti dikabarkan Antara.

Fathul menjelaskan bahwa Gibran telah menguasai masalah dan solusi untuk masyarakat berkat pengalamannya dalam memecahkan persoalan pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di Kota Solo, Jawa Tengah.

“Sebagai Wali Kota Solo, Mas Gibran berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Solo pada tahun 2022 sebesar 6,25%. Angka pertumbuhan ini lebih tinggi dari angka pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,3%. Angka kemiskinan di Kota Solo pada tahun 2022 sebesar 8,84%. Angka ini lebih rendah dari angka kemiskinan Provinsi Jawa Tengah sebesar 10,93% dan juga dari angka nasional sebesar 9,57%,” jelasnya.

Menurut Fathul, dalam Debat Cawapres 2024 malam nanti, Gibran akan tampil memukau dan memberikan kejutan karena latar belakangnya sebagai pengusaha dan kepala daerah.

Fathul pun berharap agar debat cawapres pertama itu dapat menjadi ajang adu gagasan, ide, dan inovasi bagi kemajuan bangsa.

“Cawapres lain sebaiknya fokus saja dalam menyampaikan ide dan gagasannya, jangan melebar ke isu lain yang tidak sesuai dengan tema debat,” ujarnya.

Debat yang dimulai pukul 19.00 WIB itu akan menjadi ajang adu argumen dan gagasan tiga kandidat calon wakil presiden (cawapres) 2024, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

Adapun tema yang akan diperdebatkan adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya