SOLOPOS.COM - Tema dan logo Hari Pahlawan 2023. (Kemensos.go.id)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah baru saja merilis tema dan logo untuk memperingati Hari Pahlawan 2023 yang jatuh pada Jumat, 10 November.

Tanggal 10 November setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Hal ini sebagai bentuk untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Peristiwa Pertempuran Surabaya adalah konflik militer yang terjadi antara pasukan Indonesia dan pasukan Belanda. Pertempuran ini merupakan salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pertempuran Surabaya dimulai pada tanggal 10 November 1945 dan berlangsung selama beberapa minggu. Pasukan Indonesia yang dipimpin oleh pemerintah Indonesia yang baru proklamasi kemerdekaannya pada tahun 1945, bertempur melawan pasukan Belanda yang mencoba menguasai kembali wilayah-wilayah di Indonesia yang telah mereka kuasai sebelumnya.

Dalam memperingati peristiwa bersejarah itu, Kementerian Sosial juga merilis tema dan logo Hari Pahlawan 2023. Berdasarkan buku Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan 2023, pemerintah mengambil tema Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan untuk memperingati Hari Pahlawan 2023.

Makna dari tema tersebut adalah semangat para pahlawan menjadi inspirasi dalam memerangi kemiskinan dengan menciptakan kesetaraan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan menginspirasi generasi muda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Serta memerangi kebodohan dengan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengetahuan dan literasi.

“Sebagai bangsa, kita memiliki tanggung jawab untuk mewarisi semangat pahlawan dalam upaya melanjutkan perjuangan mereka untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil, berpendidikan, dan sejahtera,” bunyi keterangan pada buku pedoman tersebut.

Selaras dengan tema, logo Hari Pahlawan 2023 memadukan unsur Matahari, saling merangkul, dan anyaman bambu. Ketiga unsur tersebut juga mempunyai makna tersendiri, berikut ini penjelasannya.

Makna Logo Hari Pahlawan 2023

Matahari

Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan.

Saling Merangkul

Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

Anyaman Bambu

Anyaman merupakan tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat dan menjadi simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya