SOLOPOS.COM - Wali Kota Bogor, Jawa Barat Bima Arya Sugiarto (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) saat diwawancarai di Bogor Creative Center (BCC), Kamis (19/10/2023). (ANTARA/Linna Susanti)

Solopos.com, BOGOR — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pulang ke kota asalnya, Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/10/2023), untuk bertemu para pelaku UMKM setelah tidak terpilih menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

Meski terlibat dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Sandiaga Uno tidak ikut mengantarkan pasangan Ganjar-Mahfud Md. mendaftar ke KPU pada Kamis pagi.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Udah langsung diajak lari. Di mana tuh, di Jumat ini ya,” celoteh Sandiaga di samping Bima Arya saat diwawancarai seusai berdiskusi bersama pelaku UMKM di kafe D’Colonel Kota Bogor, Kamis.

Bima menyambut pertanyaan wartawan dan menjelaskan bahwa kunjungan Sandiaga sebagai Menparekraf untuk kegiatan workshop di Bogor Creative Center (BCC) salah satunya bertujuan menghibur sahabatnya itu dengan bertemu emak-emak pelaku UMKM.

“Makanya, saya ajak healing ke Bogor, ketemu ibu-ibu, emak-emak, ketemu teman-teman ekraf, supaya yang teriris itu kembali recovery,” ujar Bima.

Bima menyampaikan Sandiaga Uno juga diajak untuk menghadiri kegiatan Kejuaraan Nasional Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI).

Politikus PAN itu bangga dengan sikap politik sahabatnya Sandiaga Uno yang disebutnya berjiwa besar dan elegan dalam menyikapi tidak terpilihnya ia menjadi cawapres Ganjar meski sudah santer memiliki peluang baik.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri telah mengumumkan cawapres Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung koalisi PDIP, PPP, Perindo dan Hanura ialah Menteri Koordinator Polhukam Mahfud Md. pada Rabu (18/10/2023).

“Gini loh, teman-teman. Tapi Mas Menteri ini menunjukkan berpolitik yang elegan dan berjiwa besar. Kita tahu kans-nya beliau seperti apa kemarin kan, sama seperti semua, tapi begitu diputuskan beliau sami na waatho na. Apresiasi dan hormat untuk Mas Menteri,” ungkap Bima.

Absen ke KPU

Diberitakan sebelumnya, Sandiaga Uno menjadi Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) capres dari koalisi PDIP tersebut.

Sandiaga akan mendampingi kegiatan pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. meskipun dirinya tidak hadir saat pendaftaran pasangan tersebut di KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

“Ikut, ikut. Ini lagi ada tugas membuka acara rapimnas (rapat pimpinan nasional) di Ancol,” kata Mardiono menjawab pertanyaan wartawan terkait ketidakhadiran Sandiaga di KPU.

Ganjar dan Mahfud resmi mendaftarkan diri ke KPU untuk Pilpres 2024 pada hari pertama pendaftaran.

Ganjar dan Mahfud menjadi pasangan kedua yang mendaftar setelah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Kamis pagi.

Rombongan Ganjar-Mahfud yang ikut mendampingi saat mendaftar, di antaranya ketua umum partai-partai pengusung, yaitu Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt. Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Ada juga jajaran elite dari empat partai tersebut, antara lain Puan Maharani, Hasto Kristiyanto, dan Muhammad Prananda Prabowo.

Jajaran dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo di antaranya Ketua TPN Arsjad Rasjid dan beberapa wakil ketua yakni Jenderal TNI (Purn.) Andika Perkasa dan Angela Tanoesoedibjo.

Setelah penyerahan berkas dan pendaftaran usai, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyebut dokumen persyaratan Ganjar-Mahfud lengkap.

“Kami nyatakan lengkap dokumennya, lalu kemudian tahapan selanjutnya verifikasi,” kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19-25 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya