SOLOPOS.COM - REHAB GEDUNG -- Bangunan SDN Gading 1 terlihat sudah rata dengan tanah sebelum pekerjaan pembangunan dilaksanakan dalam foto Agustus lalu ini. DPRD Solo, Senin (3/10/2011) mengingatkan rekanan untuk menjaga kualitas bangunan. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos.com, SOLO—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo memprioritaskan sejumlah pembangunan sejumlah sekolah dasar (SD) pada 2024.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solo, Abdul Haris mengatakan terdapat lima SD yang menjadi prioritas. Dia menyebut terdapat dua sekolah yang akan dibangun ulang yakni SDN Joglo Solo dan SDN Begalon Solo.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Sementara itu terdapat tiga SD yang merupakan pembangunan lanjutan dari tahun sebelumnya yakni SDN Bromantakan Solo, SDN Mojo Solo, dan SDN Tugu Solo.

Haris mengatakan pembangunan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun, pihaknya belum bisa memastikan total anggaran. Dia mengatakan dalam waktu dekat akan terlebih dahulu dimulai lelang.

Dia mengatakan pembangunan sejumlah sekolah, terutama SDN Joglo dan SDN Begalon lantaran kondisi sekolah sudah dalam keadaan kurang baik.

“Itu kan menang karena kondisi bangunannya sudah waktunya untuk diperbaiki dan diganti. Saya lihat kemarin bamgunanya sudah lama,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Selasa (19/3/2024).

Haris melanjutkan pembangunan tersebut bertujuan agar sarana prasarana (Sarpras) sekolah semakin baik. Menurutnya sarana prasarana merupakan faktor utama yang menunjang pembelajaran siswa.

“Sarpras itu kan sangat menunjang sekali terkait kegiatan di sekolah. Kalau bangunannya sudah rusak itu bisa membahayakan siswa. Jangan sampai terlambat diperbaiki,” kata dia.

Menurut dia, sejumlah SD yang dibangun baru dan pembangunan lanjutan sesuai dengan rencana strategis Disdik.

Dia berharap pembangunan tersebut membuat para siswa nyaman ketika belajar. Lebih jauh lagi, menurutnya ini bagian dari cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Solo secara merata.

Sejak Januari 2023 terdapat beberapa pembangunan dan renovasi sekolah negeri di Kota Solo seperti beberapa diantaranya SMP SKO, SMPN 16, SMPN 26, sampai SDN Ketelan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya