SOLOPOS.COM - Ilustrasi Capres 2024 (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, JAKARTA – Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

Survei SMRC ini melakukan simulasi tiga pasangan kandidat calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yaitu Anies-Imin, Prabowo-Erick Thohir, dan Ganjar-Ridwan Kamil. 

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Hasilnya, Anies-Imin mendapatkan dukungan 16,5 persen, Prabowo-Erick 31,7 persen, dan Ganjar-Ridwan Kamil 35,4 persen. 

Sementara itu, 16,4 persen sisanya belum jawab. Lebih lanjut, pendiri SMRC Saiful Mujani menjelaskan deklarasi Aniesi-Cak Imin belum berdampak pada peningkatan elektabilitas. 

“Kalau menurun, saya tidak bisa bilang begitu. Tapi setidak-tidaknya [data ini menunjukkan] tidak meningkat. Ini reaksi publik beberapa hari setelah deklarasi Anies-Muhaimin. Harapan bahwa suara pasangan ini akan meningkat pasca deklarasi belum terjadi,” ujar Saiful saat memaparkan hasil survei, seperti yang disiarkan kanal YouTube SMRC TV, Kamis (14/9/2023), dilansir Bisnis.com.

Dia meyakini, mesin politik partai politik pendukung duet Anies-Imin belum panas. Menurutnya, pemilih butuh waktu untuk antre masuk ke barisan pendukung Anies-Imin. 

Saiful menyatakan selama ini Anies didukung oleh NasDem, PKS, dan Demokrat yang jika dijumlahkan, suaranya kurang lebih sekitar 20-an persen, sama dengan perolehan suara Anies dalam simulasi tiga nama. 

Oleh sebab itu, lanjutnya, jika elektabilitas Anies-Imin masih sekitar 16 persen maka kemungkinan mencerminkan kekuatan hanya dari dua partai, bisa PKB dengan NasDem atau Nasdem dengan PKS. 

Memang, Demokrat memutuskan untuk mencabut dukungan atas pencapresan Anies dan keluar dari Koalisi Perubahan usai duet Anies-Imin mencuat. 

Survei SMRC ini diselenggarakan pada 5 – 8 September 2023 dengan jumlah 1212 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Wawancara responden melalui panggilan telepon dan dipilih menggunakan teknik pembangkitan nomor secara acak, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei SMRC: Ganjar-Ridwan Kamil Ungguli Prabowo-Erick dan Anies-Cak Imin”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya