SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Prabowo Subianto memberikan hadiah bantal kucing kepada Anies Baswedan/Youtube Mata Najwa

Solopos.com, SOLO — Survei terbaru Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar (AMIN) dan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming berpotensi besar bersaing ketat pada putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Survei Poltracking ini melakukan simulasi surat suara tiga paslon. Hasilnya, Prabowo-Gibran (46,7%) memperoleh suara terbanyak, sedangkan, suara AMIN (26,9%) dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo–Mahfud Md (20,6%) tertinggal cukup jauh.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, menjelaskan, hasil survei terbaru ini menunjukkan bahwa peluang satu maupun dua putaran pada Pilpres 2024 masih sama-sama terbuka.

Meski demikian, elektabilitas Prabowo-Gibran cenderung stagnan karena hanya memiliki kenaikan suara yang kecil dibanding hasil survei pada Desember 2023 (hanya 1,5%). Padahal, hari pencoblosan tinggal sebulan lagi.

Sementara itu, AMIN mengalami kenaikan lebih signifikan (3,8%). Di sisi lain, Ganjar-Mahfud mengalami penurunan cukup signifikan (6,7%). Oleh sebab itu, jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran maka berpotensi besar diikuti oleh Prabowo-Gibran melawan AMIN.

“Melihat tren saat ini, potensi besar yang menantang Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka di putaran kedua ialah pasangan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar,” ujar Hanta Yuda dalam keterangannya, Jumat (19/1/2024).

Meski demikian, dia juga mengingatkan angka swing voters alias pemilih yang masih bisa berpindah pilihan (22,8%) dan undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan (5,8%) masih cukup besar sehingga pergerakan elektoral masih sangat dinamis.

Swing voters dan undecided voters ini akan sangat menentukan satu atau dua putaran Pilpres 2024 nantinya,” jelasnya.

Sebagai informasi, survei Poltracking diselenggarakan pada 1–7 Januari 2024 dengan jumlah 1.220 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wawancara dilakukan secara tatap muka, dengan responden dipilih menggunakan teknik multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 2,9%.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei Poltracking: Prabowo-Gibran vs AMIN Potensial Jika Pilpres 2 Putaran”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya