SOLOPOS.COM - Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat cawapres mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.

Solopos.com, JAKARTA — Debat keempat Pilpres 2024, yang juga akan mejadi debat kedua untuk calon wakil presiden (cawapres) akan dilaksanakan pada Minggu (21/1/2024). 

Debat cawapres kedua pada 21 Januari akan disiarkan secara langsung di saluran televisi nasional yakni SCTV, Indosiar, dan MetroTV. 

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023, debat capres-cawapres berlangsung selama 150 menit, dengan pembagian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk iklan. 

Jadwal Debat Capres-Cawapres 2024 

Debat Pilpres Pertama: Selasa, 12 Desember 2023 

Debat Pilpres Kedua: Jumat, 22 Desember 2023 

Debat Pilpres Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024 

Debat Pilpres Keempat: Minggu, 21 Januari 2024 

Debat Pilpres Kelima: Minggu, 4 Februari 2024 

Tema Debat Capres-Cawapres 2024 

Tema debat cawapres kedua, Minggu (21/1/2024): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa 

Tema debat capres ketiga, Minggu (4/2/2024): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi 

Panelis Debat Cawapres 21 Januari 

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan bahwa akan ada sebelas nama panelis yang disepakati dalam rapat finalisasi debat dengan perwakilan ketiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden serta stasiun televisi penyelenggara.

“Untuk panelis kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 11 orang yang akan kami karantina nanti tanggal 19 [Januari], hari Jumat ya,” ungkap Mellaz seusai rapat. 

Para panelis ini akan merumuskan pertanyaan bagi ketiga calon wakil presiden (capres) dalam debat keempat yang akan diikuti oleh para calon wakil presiden yaitu nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Gibran Rakabuming, dan nomor urut 3 Mahfud MD. 

Berikut 11 nama panelis debat keempat Pilpres 2024: 

Dr. Ir Abrar Saleng, SH. MH. (Ahil Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanudin) 

Dr. Arie Sujito (Sosiolog Pedesaan/Dosen FISIPOL UGM) 

Prof. Dr Arif Satria, SP. MSI (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber daya alam, Rektor Institut Pertanian Bogor 

Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretarts Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria) 

Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energ/Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform) 

Prof. Dr. Ir. Hariadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor) 

Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc. (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu) 



Rukka Sombolinggi, SP., MA. (Sekretaris jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat) 

Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D. (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015) 

Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A. (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia) 

Ir. Tubagus Furgon Sofhani, M.A., Ph.D. (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institut Teknologi Bandung)

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Debat Cawapres 21 Januari 2024: Tema, Panelis, Moderator dan Link Streaming”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya