SOLOPOS.COM - Puluhan emak-emak yang tergabung dalam Perempuan Prabowo mendeklarasikan dukungan untuk kemenangan Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di R.M. Joglo, Puro, Karangmalang, Sragen, Sabtu (19/3/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, JAKARTA — Bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto mendapat dukungan kuat dari kalangan ibu rumah tangga alias emak-emak.

Hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) periode 20-29 Juni 2023 menunjukkan sebesar 36,7 persen responden dari kalangan emak-emak mengaku akan memilih Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Sebanyak 32,5 persen responden dari kalangan emak-emak mengaku akan memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat dukungan dari 21,4 persen responden emak-emak.

Lalu 9,4 persen lainnya masih belum dapat menentukan pilihannya.

“Di kalangan emak-emak (ibu rumah tangga), Prabowo menjadi pilihan utama. Ketika LSJ menanyakan kepada responden siapa yang akan dipilih jika pilpres hanya diikuti oleh Prabowo, Ganjar, dan Anies, sebanyak 36,7 persen responden dari kalangan emak-emak ternyata memilih Prabowo,” ujar Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto saat memaparkan hasil survei bertajuk Dinamika Elektabilitas dan Arah Dukungan Kalangan ASN dan Emak-Emak Jelang Pemilihan Presiden 2024, di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Menurut Fetra, emak-emak atau ibu rumah tangga merupakan kelompok pemilih yang cenderung fanatik dan loyal.

Ia menambahkan pilihan dari kalangan emak-emak biasanya lebih bersifat spontan dan reaktif karena setiap hari mereka merasakan langsung dampak gejolak ekonomi, terutama terkait dengan naik dan turunnya harga bahan-bahan kebutuhan pokok.

Selain itu, hasil survei LSJ menunjukkan mayoritas responden (42,3 persen) meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan endorsement kepada Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Alasannya, Prabowo dianggap responden sebagai menteri berkinerja terbaik dan paling dekat dengan Jokowi.

Sebanyak responden yang meyakini endorsement Presiden Jokowi untuk bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo, sebanyak 38,2 persen.

Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto menyampaikan para responden itu meyakini Jokowi akan mempromosikan Prabowo karena Menteri Pertahanan tersebut merupakan salah satu menteri yang memiliki kinerja terbaik sekaligus paling dekat dan loyal kepada Jokowi.

“Sebanyak 42,3 persen responden dalam survei LSJ kali ini meyakini bahwa endorsement Presiden Jokowi akan diberikan pada Prabowo (sebagai calon presiden yang patut dipilih di Pilpres 2024),” ujar Fetra Ardianto.

Sementara itu, tambah dia, sebanyak 38,2 persen responden lainnya meyakini endorsement Jokowi dalam Pilpres 2024 akan diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo.

Fetra mengatakan 38,2 responden itu meyakini Jokowi akan mempromosikan Ganjar karena keduanya merupakan kader PDIP.

“Publik tersebut (yang meyakini Jokowi mempromosikan Ganjar) berpendapat Ganjar dan Jokowi sama-sama berasal dari PDIP sedangkan publik yang kurang yakin Ganjar di-endorse Jokowi berpendapat Ganjar terbukti kurang loyal karena berani menggagalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20,” lanjut dia, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Survei yang dilakukan LSJ itu melibatkan sebanyak 1.200 responden yang merupakan warga negara Indonesia dan minimal berusia 17 tahun atau telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP).

Pengumpulan data yang dilakukan melalui metode wawancara via telepon.

Survei tersebut memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dengan margin of error sekitar 2,83 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya