SOLOPOS.COM - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pada Rakerda DPD PDIP Sumatra Barat di Padang, Selasa (4/7/2023). (ANTARA/HO-PDIP)

Solopos.com, JAKARTA — Survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan elektabilitas PDIP masih memimpin perolehan suara jika pemilhan umum atau Pemilu berlangsung saat ini.

Namun kejutan datang dari PKS yang berhasil menembus peringkat tiga besar.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Sementara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) berpotensi tidak lolos ambang batas parlemen.

Survei LSI ini menanyakan ke responden partai atau calon dari partai mana yang akan dipilih apabila pemilihan anggota DPR diadakan sekarang.

Hasilnya, PDIP berada di peringkat pertama dengan 23,7 persen suara.

Pada peringkat kedua, terpaut cukup jauh, ada Partai Gerindra dengan 14,2 persen. Peringkat ketiga, juga terpaut cukup jauh, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 6,2 persen.

Golkar memepet dengan 6 persen, diikuti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 5,7 persen, Partai NasDem dengan 5,5 persen, Partai Demokrat dengan 4,4 persen, dan Partai Perindo dengan 4,1 persen.

Sedangkan 10 partai politik peserta Pemilu 2024 lainnya tak lolos ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Dua di antaranya adalah PPP (2,5 persen) dan PAN (2,5 persen) yang notabenenya merupakan partai parlemen.

Di samping itu, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menggarisbawahi masih banyak responden yang belum menentukan pilihan yaitu sebesar 21,9 persen.

Oleh sebab itu, perolehan suara masih dapat berubah jelang Pemilu 2024.

“Tapi secara umum, petanya belum berubah banyak,” ujar Djayadi saat memaparkan hasil survei secara daring, Selasa (11/7/2023).
Survei LSI ini diselenggarakan pada 1-8 Juli 2023 dengan jumlah 1242 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wawancara responden lewat telepon yang dipilih menggunakan teknik pembangkitan nomor secara acak, dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei LSI: PDIP Masih Kokoh, PKS Nyodok ke Peringkat Ketiga!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya