SOLOPOS.COM - Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat hadir dalam wawancara Mata Najwa, Jumat (30/6/2023). (Youtube Najwa Shihab)

Solopos.com, JAKARTA — Hasil survei LSI Denny JA periode 30 Mei-12 Juni 2023 menunjukkan elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) menanjak dibandingkan survei periode sebelumnya.

Sementara itu elektabilitas Ganjar Pranowo naik-turun sedangkan elektabilitas Anies Baswedan cenderung stagnan.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Secara tren yang diamati dari tiga survei (Januari, Mei, Juni) tahun 2023, Prabowo elektabilitasnya menanjak. Ganjar elektabilitasnya turun-naik. Anies elektabilitasnya stagnan,” papar Direktur Citra Publik Indonesia (CPI) LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, saat memaparkan hasil survei tersebut di Jakarta, Senin (10/7/2023).

Hanggoro mengatakan jika dibandingkan dengan dua data survei pada Januari dan Mei 2023, elektabilitas Prabowo terus menanjak dari 25,4 persen di bulan Januari dan 33,9 persen di bulan Mei menjadi 34,3 persen pada periode terbaru ini.

Berikutnya, ia menyampaikan di posisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 32,7 persen.

Lalu di posisi ketiga, ada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 22,1 persen.

“Dengan demikian, elektabilitas Prabowo terpaut 1,6 persen dengan Ganjar dan terpaut 12,2 persen dengan Anies,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia.

Survei yang dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner memiliki margin of error sebesar 2,9 persen.

Selain menerapkan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisis hasil survei itu dengan menerapkan metode kualitatif, seperti analisis media, wawancara mendalam, penilaian ahli, dan diskusi kelompok terpumpun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya