SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (15/2/2024).

Solopos.com, JAKARTA—Ulasan tentang Prabowo Subianto mengajak seluruh bangsa kembali bersatu seusai berlangsungnya proses pemilihan umum yang berpuncak pada hari pemungutan suara, Rabu (14/2/2024), diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Kamis (15/2/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, hal itu disampaikan Prabowo dalam pidato kemenangan bersama calon wakil presidennya, Gibran Rakabuming Raka, di hadapan para pendukung di Istora Senayan, Jakarta, Rabu malam. Hasil hitung cepat atau quick count dari sejumlah lembaga survei menunjukkan bahwa pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 itu unggul dengan perolehan suara di atas 50%.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Kita tidak boleh sombong, kita tidak boleh jumawa, kita tidak boleh euforia, kita harus tetap rendah hati. Kemenangan ini harus menjadi kemenangan untuk seluruh rakyat Indonesia,” ujar Prabowo dalam pidatonya yang dipantau Espos.

“Prabowo-Gibran dan seluruh Koalisi Indonesia Maju akan merangkul semua unsur dan semua kekuatan. Kami akan menjadi presiden-wakil presiden dan pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya pula.

Prabowo pun menegaskan bahwa semuanya kini harus menghadap ke depan. “Bangsa yang hebat selalu melihat ke depan, menyongsong masa depan. Sekarang kampanye telah selesai, kita harus bersatu kembali, saudara sekalian. Saya mengajak mari kita lupakan kata-kata yang kasar. Di antara saudara bertengkar itu biasa, tapi bertengkar jangan menjadi perpecahan yang lama-lama, saudara-saudara sekalian,” tegas dia pula.

Pesta Demokrasi di TPS Bernuansa Unik

Sudah menjadi semacam tradisi membuat tempat pemungutan suara (TPS) yang bernuansa unik tiap kali ada hajatan pemilihan umum. Misalkan saja di TPS 011 di Balai Niti Sono, Dukuh Tisanan, RT 003/RW 005 Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (14/2/2024).

Suasana meriah sudah terasa sejak sebelum tiba di area TPS. Umbul-umbul kain batik berjajar di jalan kampung. Di pintu masuk TPS tersebut dipasang janur kuning yang melintang lengkap dengan dua batang pohon pisang yang ditalikan pada penyangga tenda. Selain itu, di dekat tenda pemilih juga tersedia spot untuk berfoto sembari menunggu antrean pemilih dipanggil.

Lokasi spot foto tersebut diberi hiasan sepeda kayuh antik lengkap dengan hiasan bambu, tampah, hingga potret maskot pemilihan Sura dan Sulu. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS tersebut mengenakan baju lurik lengkap dengan blangkon sebagai penutup kepala dan kain jarik sebagai bawahan.

Peta Politik Berpeluang Berubah

WONOGIRI—Peta politik di Kabupaten Wonogiri berpeluang berubah. Hal itu terlihat dari perhitungan sementara Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024, Rabu (14/2/2024).

Berdasarkan catatan Komisi Pemilihan Umum (KPU), perolehan suara final dua kontestan pada Pilpres 2019 lalu berjarak cukup jauh. Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin memeroleh 528.377 suara dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno memeroleh 97.162 suara. Angka itu merupakan hasil rekapitulasi Pilpres 2019 di Wonogiri. Jokowi-Ma’ruf Amin menang telah di 25 kecamatan di Wonogiri saat itu.

Bersatunya Prabowo dan anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, cukup memberi tanda perubahan signifikan di Wonogiri. Hal itu tergambar dari perhitungan sementara yang digelar KPU dan disiarkan di laman pemilu2024.kpu.go.id.

Antusias Memilih, Bakul Hik Pulang Kampung

KLATEN – Sekitar 50% pengelola atau pedagang warung hik atau angkringan di berbagai daerah di Indonesia yang berasal dari Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten pulang ke kampung tanah kelahiran mereka untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024.

Petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) salah satu tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, memajang gerobak angkringan berpikulan.

Gerobak itu dipajang untuk menguatkan identitas desa di perbatasan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunungkidul itu sebagai desa cikal bakal warung hik atau warung angkringan. Gerobak itu dipajang di depan TPS 4 Desa Ngerangan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (15/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya