SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (21/9/2023).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang sosok putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, muncul dalam video animasi yang diunggah di akun Instagram Partai Solidaritas Indonesia (PSI), @psi.id, diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (21/9/2023). Video itu disertai suara yang mirip suara Kaesang, yang menyatakan mantap masuk ke dunia politik.

Seperti diberitakan Solopos hari ini, dalam narasi suara itu Kaesang mengakui belum punya pengalaman di bidang politik. Tapi dia menyatakan mempunyai tujuan besar untuk Indonesia lebih baik. Dia berharap dan berdoa jalan yang dipilih merupakan jalan yang benar.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Namun dalam video yang sebenarnya menampilkan banyak simbol itu tidak ada pernyataan terbuka apakah Kaesang memang bergabung ke PSI. “Namaku Mawar, bukan nama sebenarnya. Saat ini aku sudah memantapkan hati untuk masuk ke politik. Aku memang belum punya pengalaman di politik. Namun aku punya tujuan yang besar untuk Indonesia lebih baik. Semoga jalan yang aku pilih adalah jalan yang benar,” ujar narasi video dengan suara mirip suara Kaesang itu.

“Mawar” sendiri bisa diartikan sebagai PSI karena merupakan logo partai itu. Yang juga menarik, jika diamati di awal video itu juga terdengar suara yang mirip suara Presiden Joko Widodo meski kurang jelas apa yang diucapkan. Menyertai unggahan video itu, akun @psi_id menuliskan kalimat singkat “hmm jadi gini…”

Kabar akan bergabungnya Kaesang Pangarep ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memang sudah terlebih dahulu berembus. Gambar sosok Kaesang dengan tulisan “Welcome Bro K” serta lambang PSI dalam beberapa waktu terakhir sudah beredar. Dalam sepekan terakhir, Espos juga beberapa kali mendapati gambar-gambar itu dipasang sebagai status atau story di WhatsApp (WA) kader PSI Solo. Tapi hingga Rabu (20/9/2023) ini belum ada pernyataan resmi masuknya Kaesang ke PSI.

”Pak Bronto” Tiada, Dunia Otomotif Merasa Kehilangan

Tokoh industri otomotif nasional Soebronto Laras yang juga Wakil Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group, Wakil Presiden Komisaris Solopos Media Group dan Harian Jogja sekaligus pendiri dan Komisaris Indomobil Group meninggal dunia pada Rabu (20/9/2023) pukul 20.00 malam di Rumah Sakit Medistra Jakarta.

Soebronto Laras lahir pada 5 Oktober 1943. Dia merupakan sarjana teknik mesin dari Paisley College di Skotlandia pada 1969 dan Diploma of Business Administration dari Hendon College di London pada 1972. Soebronto Laras mendirikan Grup lndomobil dan sejak 1976 menjadi Presiden Direktur PT lndomobil Utama. Pada 1982, dia ditunjuk sebagai direktur utama perseroan. Pada Juni 2002, Soebronto ditunjuk sebagai komisaris utama perseroan. Pelaku industri mengenal Soebronto Laras sebagai figur inspiratif di industri otomotif.

Kabar meninggalnya lelaki yang biasa disapa Pak Bronto menyisakan duka yang mendalam. Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto mengatakan perjalanan Pak Bronto bersama Indomobil yang memulai usahanya dari bawah menjadi inspirasi bagi para manajer muda untuk mengikuti jejak beliau dalam membangun Suzuki menjadi salah satu jenama ternama di Indonesia. “Sungguh kehilangan yang luar biasa bagi industri otomotif Indonesia,” ujar Soerjo, Rabu.

Pusat Manufaktur Mulai Beroperasi

PURWAKARTA—Untuk mengurangi ketergantungan industri pengolahan Indonesia terhadap impor bahan modal dan bahan baku yang mayoritas masih impor, Indonesia mulai membangun pusat manufaktur. Rencananya pusat manufaktur beroperasi mulai 2024.

Berdasarkan data impor nasional periode Januari–Juli 2023, impor barang modal mencapai US$22,45 miliar atau sekitar 17,5% dari total impor nasional, sedangkan impor bahan baku mencapai US$93,97 miliar atau 73,25% dari total impor nasional. Kondisi ini menyebabkan belum optimalnya produktivitas manufaktur dalam negeri untuk mendukung tingkat kandung dalam negeri (TKDN).

Padahal, penting bagi industri saat ini untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian industri nasional. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah berupaya mengembangkan dan meningkatkan penguasaan teknologi industri agar dapat menggantikan produk-produk yang selama ini masih diimpor.

Banyak Petani Menikmati Kenaikan Harga Gabah

KLATEN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten menyatakan hingga kini banyak petani di kabupaten ini menikmati kenaikan harga gabah.

Sejauh ini tidak ada laporan tentang petani yang mengeluh ihwal harga gabah sepanjang tahun ini. Harga gabah di Kabupaten Klaten saat ini disebut-sebut yang tertinggi sepanjang sejarah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten, Widiyanti, mengatakan harga gabah di tingkat petani saat ini rata-rata Rp6.500 per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah kering panen yang senilai Rp5.000 per kilogram. Widiyanti menjelaskan sepanjang 2023 tidak ada petani di Kabupaten Klaten yang mengeluhkan soal harga gabah.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (21/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya