SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (9/3/2024).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang sosok-sosok yang berpotensi menjadi pemimpin baru Kota Solo terus muncul diangkat menjadi headline Harain Umum Solopos edisi Sabtu (9/3/2024). Kali ini melalui jajak pendapat mengemuka 12 nama yang dianggap sebagai figur potensial pemimpin Kota Solo 2024-2029.

Diberitakan Solopos hari ini, Lembaga Solo Raya Polling menjaring 12 nama dalam riset atau kajian bursa calon pemimpin Solo, berdasarkan Metode Delphi, yaitu metode merumuskan gagasan strategis tentang sebuah kebijakan yang bersifat komprehensif. Metode ini menempatkan sejumlah ahli sebagai narasumber.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Teknik pengumpulan data dilakukan bergelombang dari narasumber untuk mendapat kesepakatan atas pokok isi. Untuk survei ini, lembaga tersebut menggandeng 19 narasumber. Seperti diuraikan oleh Direktur Solo Raya Polling, Suwardi, Jumat (8/3/2024), para narasumber itu terdiri atas tiga orang politikus, dua orang dari kalangan birokrat, tiga orang mewakili kalangan akademisi, dua orang budayawan, dan pejabat keraton satu orang.

Selain itu ada tiga orang yang berasal dari kalangan pengusaha, satu orang dari kalangan LSM dan pemangku kebijakan satu orang. Kalangan agamawan diwakili dua narasumber ditambah satu orang mewakili kalangan pemuda. Para narasumber itu kemudian secara terpisah memberikan sehingga mengerucut pada 12 nama bakal calon pemimpin Solo.

Suwardi menjelaskan pertanyaan yang diajukan kepada 19 responden itu melingkupi empat hal, salah satunya tantangan Solo ke depan. ”Selain itu, karakteristik pemimpin Kota Solo, siapa tokoh yang kira-kira memiliki karakteristik seperti itu, siapa kira-kira yang akan masuk dalam bursa calon pemimpin Kota Solo,” katanya.

Harga Daging Ayam Catat Rekor Tertinggi

SOLO—Harga daging ayam ras saat ini mencapai rekor tertinggi dalam momentum menjelang Ramadan jika dibandingkan sejak 2018 lalu. Saat ini harga daging ayam ras di Solo di kisaran Rp40.000/kg. Sebelumnya sejak 2018, harga daging ayam tertinggi terjadi pada 2021 yakni sekitar Rp37.750/kg.

Berdasarkan informasi di laman www.bi.go.id/hargapangan, pada momentum menjelang atau awal Ramadan 2018, yakni di bulan Mei, harga daging ayam di Solo mencapai Rp34.500/kg. Harga tersebut terjadi pada 17 Mei 2018, yang mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya.

Kemudian pada menjelang atau awal Ramadan 2019, harga daging ayam di Solo mencapai sekitar Rp31.750/kg. Harga tersebut bertahan dari 29 April hingga 8 Mei 2019. Pada 2020, saat menjelang Ramadan hingga awal Ramadan, harga daging ayam justru menurun. Pada tangga 16 April 2020 harga berkisar Rp29.000, lalu turun menjadi Rp28.250 sehari setelahnya. Pada tanggal 23 Maret 2020 harga turun lagi menjadi Rp28.000/kg.

Suburnya Toko Laptop di Area Kampus

Gang-gang di kawasan kampus menjadi sasaran penjual perangkat elektronik, termasuk penjual personal computer (PC). PC adalah istilah umum untuk perangkat elektkronik untuk menjalankan sejumlah aplikasi atau software. Software atau perangkat lunak ini yang banyak membantu pengerjaan tugas mahasiswa, guru, dan pemilik profesi lainnya. Jenis PC bisa berupa komputer, laptop alias komputer jinjing, netbook, dan lainnya.

Kios-kios pedagang gawai itu tak hanya membidik konsumen mahasiswa, melainkan juga pekerja, aparatur sipil negara (ASN), pelajar, dan lainnya. Di Kota Solo, persentase pengguna PC berusia di atas lima tahun mencapai 26,12% pada 2020. Walau selisih sedikit, persentase pemakai PC warga perempuan lebih banyak yakni 26,27%. Data itu merupakan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Solo pada 2020.

PC pun mengerek penjual produk lain. Seperti tas laptop, printer, mouse, hardisk, dan masih banyak lagi. Hal ini juga memengaruhi gaya fesyen penggunanya. Banyak mahasiswa yang memilih tas yang bisa untuk menaruh laptop sekaligus melindungi buku dan peralatan lain penunjang kuliah.

Training Center NPC Indonesia Samai Korsel

KARANGANYAR – Indonesia kian dekat memiliki pemusatan latihan atau training center (TC) bagi atlet paralimpik. Yang membuat kebanggaan bagi Soloraya adalah TC tersebut dibangun di Delingan, Kabupaten Karanganyar.

Pembangunan pusat pengembangan serta sentra latihan bagi atlet National Paralimpic Committee (NPC) tersebut mulai dikerjakan pada Jumat (8/3/2023). Presiden Joko Widodo menandai dimulainya pembangunan TC NPC itu dengan membunyikan sirine. Sementara itu, prosesi peletakan batu pertama batal dilakukan karena di lokasi diguyur hujan lebat.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri PUPR, Basuki Hadi Moeljono; Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo; Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto; Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana; Pj. Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, anggota Komisi X dan Ketua NPC, Senny Marbun.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (9/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya