SOLOPOS.COM - Harian Umum Solopos edisi Senin (12/2/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Imbauan agar masyarakat dan segenap pihak ikut mewaspadai dan mengantisipasi aneka kerawanan yang berpotensi terjadi saat pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024) diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Senin (12/2/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyebut ada 21 indikator kerawanan yang kemungkinan terjadi di tempat pemungutan suara (TPS).

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Ketua Bawaslu, Rahmat Bagia, dalam jumpa pers pada Minggu (11/2/2024), menyampaikan indikator kerawanan yang paling banyak di TPS terkait penggunaan hak pilih, keamanan, potensi kegiatan kampanye, netralitas ASN, prajurit TNI dan/atau anggota Polri, logistik pemilu, lokasi TPS yang sulit dijangkau atau di daerah rawan bencana, dan/atau dekat rumah pasangan calon, dan terakhir terkait ketersediaan jaringan listrik/Internet.

Pemetaan kerawanan menurut dia berkaca pada pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu periode sebelumnya dan laporan dari pengawas pemilu di daerah. Misalkan saja pada Pemilu 2019 tercatat ada 125.224 TPS memiliki daftar pemilih tetap (DPT) yang tak memenuhi syarat, 119.796 TPS memiliki pemilih tambahan (DPTb), 36.236 TPS terkendala jaringan Internet, 21.947 TPS berlokasi di dekat rumah calon presiden atau calon wakil presiden dan/atau posko atau rumah tim kampanye pemilu, 18.656 TPS berpotensi mendapat tambahan daftar pemilih khusus (DPK), dan 10.974 TPS berada di wilayah rawan bencana.

Libur Panjang, Hotel Penuh Didominasi Tamu Domestik

SOLO–Libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024 yang disertai cuti bersama dimanfaatkan masyarakat berlibur. Karena itu, hotel-hotel di Solo melaporkan kondisi kamar mereka penuh sepanjang hari libur dan akhir pekan.

Hal ini antara lain diungkapkan oleh Public relation The Sunan Hotel Solo, Tika Ratna, saat dihubungi Espos, Jumat (9/2/2024). “Kami weekend ini fully booked. Okupansi meningkat lumayan sekitar 30% dari rata-rata hunian kamar di hari biasa,” ujar Tika. Dia juga menyebut menjelang masa tenang Pemilu 2024 okupansi akan cenderung menurun pada pekan depan.

Senior Public Relations Manager Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, juga mencatat peningkatan okupansi di tempatnya. Bahkan, dia menyebut kamar-kamar penuh dipesan baik di Lorin Solo Hotel dan Syariah Hotel Solo. ”Bahkan mencapai puncaknya pada Jumat baik untuk Lorin Solo Hotel maupun sister company kami Syariah Hotel Solo,” terang Dhani.

Saatnya Memajukan Digipreneur

SOLO–Pesatnya penggunaan Internet di Indonesia disambut baik Telkom sebagai penyedia layanan Internet dalam negeri. Berbagai terobosan disiapan untuk mendukung majunya digital entrepreneur (digipreneur) atau kewirausaan digital pada 2024

General Manager Witel Solo, Nanang Setiyo Utomo, dalam webinar berjudul Tren Digitalisasi dan Peluang Digipreneur 2024 yang digelar Solopos Media Group bekerja sama dengan Bank Jateng dan disiarkan di Youtube Espos Live, Rabu (7/2/2024), mengatakan tren perkembangan digitalisasi dan digipreneur 2024 benar-benar menjadi peluang luar biasa.

Makelar Surat Suara Bergentayangan di Malaysia

JAKARTA—Migrant Care, organisasi masyarakat sipil yang berfokus pada advokasi pekerja migran Indonesia, mengungkapkan praktik makelar jual beli surat suara pemilu Indonesia di wilayah Malaysia.

Surat suara pemilu dijual seharga 25-50 ringgit Malaysia (RM) atau setara Rp81.000 hingga Rp163.000. Direktur Migrant Care, Wahyu Susilo, mengatakan praktik itu merupakan fenomena yang kerap terjadi saat pemilu Indonesia di Malaysia. “Mereka itu makelar suara. Motif utama dari makelar ini adalah uang karena per surat suara itu harganya 25-50 RM,” kata Wahyu, Sabtu (10/2/2024), dilansir VOA Indonesia.

Wahyu menjelaskan orang yang menjadi makelar itu memanfaatkan surat suara pemilu dari kotak-kotak pos yang terdapat di apartemen-apartemen tempat warga Indonesia menetap di Malaysia. “Ini tindakan tidak sah memanfaatkan surat suara yang menganggur di kotak pos di apartemen-apartemen. Ini yang terjadi seperti itu, mereka [makelar] ambil dan kemudian terkumpul banyak,” jelasnya.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (12/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya