SOLOPOS.COM - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Resmi Jadi Bacapres-Bacawapres 2024 / tangkapan layar YouTube Nasdem TV

Solopos.com, SURABAYA — Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar resmi dideklarasikan sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dari Anies Baswedan. 

Deklarasi itu dilakukan di Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023), dihadiri juga oleh Bacapres Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. 

Promosi BRI dan Microsoft Eksplorasi AI demi Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Muhaimin, atau Cak Imin, mengakui bahwa proses pencalonan dirinya sebagai bacawapres Anies berjalan dengan cepat dan lancar. 

Proses tersebut berawal dari pertemuannya dengan Surya Paloh, dan dengan singkat diputuskan terkait dengan kerja sama politik kedua partai. 

Dalam pertemuannya dengan Surya Paloh, Cak Imin mengaku bahwa ditawarkan untuk kerja sama politik dan menjadi bacawapres Anies Baswedan. Cak Imin pun menyetujui tawaran tersebut pada saat itu juga. 

“Saya deg-degan, jangan-jangan senior-senior saya ini belum saya kontak dan minta restu. Dalam waktu hanya tiga hari, seluruh pengurus bergerak kepada ulama, kyai, senior, dan seluruh terkait pimpinan kita dan alhamudillah dalam waktu singkat mendapat jawaban yang lengkap dari ulama-ulama kita, semua istikharah, gagasan, dan pertimbangannya, semua menyatakan restu dan dukungan atas pasangan Mas Anies dengan saya,” ucap Cak Imin, dikutip dari YouTube KompasTV via Bisnis.com.

Wakil Ketua DPR itu lalu mengungkap bahwa berdasarkan hasil tiga kali rapat pleno PKB di Jakarta dan Surabaya secara lengkap, maka dia bertekad bulat untuk maju sebagai bacawapres Anies Baswedan. 

“Alhamdulillah memerintahkan kepada saya untuk menerima berpasangan dengan sahabat lama saya, Mas Anies Baswedan. Jadi salaman saya dengan Bang Surya [Paloh] malam itu ternyata lancar dan mendapatkan restu lengkap dari seluruh Keluarga Besar Partai Kebangkitan Bangsa,” ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Partai Nasdem juga menyatakan menjatuhkan pilihan kepada Cak Imin sebagai wakil dari bacapres Anies Baswedan pada Pilpres 2024. 

“Akhirnya sebuah suratan takdir dari suatu proses perjalanan dari berbagai tantangan dan rintangan yang dilalui dan bukan berarti tantangan itu berhenti, bersiap menghadapi tantangan lebih baru ke depan, itulah yang menetapkan pilihan Partai Nasdem is Bang Muhaimin Iskandar,” ucap Cak Imin.

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang beredar, deklarasi duet Anies dan Muhaimin, atau Cak Imin, telah direncanakan untuk digelar di Surabaya hari ini. Rombongan Nasdem disebut berangkat dari Jakarta pada pagi ini, Sabtu (2/9/2023). 

Sementara itu, Partai Demokrat sebelumnya telah menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan dan mencabut dukungannya kepada Anies Baswedan berdasarkan sidang Majelis Tinggi Partai Demokrat.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Cak Imin Ungkap Proses Singkat Jadi Bacawapres Anies Baswedan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya