SOLOPOS.COM - Anies Baswedan dalam sebuah kesempatan 8 Mei 2023 lalu. (Instagram Anies Baswedan)

Solopos.com, JAKARTA — Bakal calon presiden Pilpres 2024 Anies Baswedan menekankan pentingnya pemberantasan korupsi untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik. 

Dia pun mengungkapkan tiga solusi untuk memberantas korupsi di Indonesia. Anies berpendapat, ada tiga akar masalah yang menyebabkan orang melakukan korupsi yaitu karena kebutuhan, keserakahan, dan sistem. 

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Masing-masing akar masalah itu, lanjutnya, punya solusi yang berbeda-beda. 

Pertama, terkait korupsi karena kebutuhan, Anies melihat masalahnya ada pada upah pekerja Indonesia yang masih di bawah rata-rata. Oleh sebab itu, perlunya perbaikan sistem upah.

“Sampai kapan pun akan muncul ini korupsi karena kebutuhan. Kenapa? Karena gajinya hanya cukup untuk hidup 15 hari. Terus 15 berikutnya apa? [Sehingga] sistem remunerasi yang perlu diperbaiki,” ujar Anies dalam Kuliah Kebangsaan FISIP UI 2023, yang disiarkan kanal YouTube FISIP Universitas Indonesia¸ Selasa (29/8/2023) dilansir Bisnis.com

Kedua, korupsi karena keserakahan. Dia meyakini keserakahan memang tak ada batasnya. Dengan begitu, perlu adanya hukuman yang membuat keserakahan itu menjadi rasa takut. 

“Apa hukuman paling menjerakan dalam praktik korupsi? Dimiskinkan, diambil hartanya, disita hartanya, karena itu yang paling ditakuti oleh semua koruptor. Pemiskinan ini harus dan inilah yang harus menjadi pegangan bagi kita semua,” jelas Anies. 

Mantan gubernur DKI Jakarta ini melihat, ada juga orang yang melakukan korupsi karena terjebak dalam sistem aturan yang ada. 

“Ini koreksinya pada sistem. Jadi membereskan soal korupsi, kami melihat ada tiga akar yang harus dibereskan di situ, tidak hanya soal penangkapan, tidak hanya soal kalimat pencegahan, tapi akar masalahnya,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Anies Ungkap 3 Solusi Berantas Korupsi”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya