SOLOPOS.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) saat pertemuan di Plataran Hutan Kota, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/6/2023). (Antara/Asprilla Dwi Adha)

Solopos.com, JAKARTA — PDIP sempat berharap Partai Demokrat bergabung ke koalisi Ganjar Pranowo setelah partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono itu berpisah dari Koalisi Perubahan.

Namun kini PDIP harus menerima kenyataan Partai Demokrat berlabuh ke koalisi Partai Gerindra yang mengusung bakal capres Prabowo Subianto.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menghormati keputusan Partai Demokrat yang merapat ke kubu Prabowo Subianto setelah memutuskan hengkang dari Koalisi Perubahan.

“Ya, kami hormati yang menjadi keputusan Partai Demokrat yang bergabung dengan koalisinya Pak Prabowo,” ujar Puan Maharani di Ponpes Al Hamid Jakarta, Senin (18/9/2023).

Puan menyebut Partai Demokrat memang sempat membuka pembicaraan dengan PDIP.

Kendati demikian, dia tak mempermasalahkan saat Partai Demokrat akhirnya memutuskan untuk melabuhkan dukungan kepada Prabowo Subianto.

Puan menyebut PDIP masih terus menjajaki peluang berkoalisi dengan dengan partai politik lainnya.

“Ya, sekarang sedang kami jajaki kemungkinan tersebut. Sampai nanti menjelang pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden,” ujar dia seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya merasa senang dan gembira karena Partai Demokrat menyatakan siap bekerja sama dan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Hal ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut Partai Demokrat dengan sukacita,” kata Viva Yoga.

Setelah bergabungnya Partai Demokrat, kata dia, KIM akan menjadi koalisi besar.

Menurut dia, manfaat elektoral yang diperoleh adalah pertama, akan menambah basis konstituen koalisi.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyampaikan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang didampingi Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan dukungan itu secara langsung kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

SBY siap turun gunung untuk berkampanye untuk koleganya dulu di militer, Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya