SOLOPOS.COM - Lima dari enam guru besar UNS Solo yang dikukuhkan pada Rabu (27/9/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Pada September 2023, dalam kurun satu bulan Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mengukuhkan 22 guru besar.

Sebanyak 16 Guru Besar sudah dikukuhkan oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho, belum lama ini. Sedangkan enam guru besar lainnya menyusul pada Rabu (27/9/2023) yang akan dikukuhkan di auditorium kampus setempat.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Sekretaris Senat Akademik UNS, Ari Handono Ramelan, mengatakan keenam guru besar baru yang akan dikukuhkan ini berasal dari tiga fakultas yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT).

“Semoga dengan penambahan enam guru besar terus bisa mengembangkan bidang ilmunya melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Ari dalam jumpa pers, Selasa (26/9/2023) di Ruang Sidang 4 Gedung dr. Prakosa UNS.

Guru Besar yang akan dikukuhkan pertama yaitu Ahmad Ainurofiq yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknologi Farmasi pada FMIPA. Dia merupakan Guru Besar ke-289 UNS dan ke-27 FMIPA.

Ahmad bakal menyampaikan orasi ilmiah berjudul Rekayasa Bahan Baku Dalam Memenuhi Kebutuhan Obat yang Berkualitas.

Kedua, Atmanto Heru Wibowo yang dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Kimia Material Fungsional Maju pada FMIPA.

Dia merupakan guru besar ke-290 UNS dan ke-28 FMIPA dengan orasi ilmiah berjudul Peran Material Katalis untuk Mendukung Pemanfaatan Energi Hidrogen di Masa Mendatang.

Ketiga, Khoirina Dwi Nugrahaningtyas akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Kimia Katalis pada FMIPA.

Dia merupakan Guru Besar ke-291 UNS dan ke-29 FMIPA dengan pidato berjudul Katalis: Solusi Inovatif Konversi Limbah Menjadi Sumber Energi.

Keempat, Sri Marmoah akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan pada FKIP.

Sri Marmoah merupakan Guru Besar ke-292 UNS dan ke-77 FKIP. Dia menyampaikan orasi ilmiah berjudul Kepemimpinan Kepala Sekolah PSP dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru.

Kelima, Ubaidillah yang akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Rekayasa Aktuator dan Material Cerdas pada Fakultas Teknik (FT).

Ubaidillah merupakan guru besar ke-293 UNS dan ke-27 FT. Dirinya bakal menyampaikan orasi ilmiah berjudul Elastomer Magnetorheologi Bermatriks Karet Ban Bekas.

Keenam, Yofentina Iriani akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Fisika Material Feroelektrik pada FMIPA.

Yofentina merupakan guru besar ke-294 UNS dan ke-30 FMIPA dan akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul Penyampaian Energi Berbasis Material Ferroelektrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya