SOLOPOS.COM - Lima guru besar UNS Solo yang akan dikukuhkan di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram kampus setempat, Kamis (21/9/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali mengukuhkan lima guru besar di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram kampus setempat, Kamis (21/9/2023).

Kelima Guru Besar baru ini berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dalam jumpa pers, Rabu (20/9/2023) di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Sekretaris Senat Akademik UNS, Ari Handono Ramelan, mengatakan capaian ini diharapkan mampu membawa UNS menjadi kampus yang diperhitungkan.

“Semoga mampu meningkatkan mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia. Semoga dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi Guru Besar,” kata Ari.

Guru Besar yang akan dikukuhkan pertama yaitu Akhmad Arif Musadad, dikukuhkan sebagai dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Sejarah pada FKIP. Akhmad merupakan Guru Besar ke-278 UNS dan ke-71 FKIP.

Akhmad menyampaikan orasi ilmiah berjudul Merawat Persatuan dalam Kebhinekaan melalui Manajemen Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai Multikulturalisme.

Kedua, Djono akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Bahan Ajar Sejarah pada FKIP. Dia merupakan merupakan Guru Besar ke-279 UNS dan ke-72 FKIP 

Djono bakal menyampaikan orasi ilmiah berjudul Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Wanita Aceh untuk Menanamkan Nilai Nasionalisme Generasi Muda.

Ketiga, yakni Suminah yang dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan pada Fakultas Pertanian (FP). Dia merupakan Guru Besar ke-280 UNS dan ke-41 FP.

Dia menyampaikan orasi ilmiah berjudul Pendekatan Psikologis Dalam Penyuluhan Untuk Membangun Self Reliance Pelaku Usaha Mikro.

Keempat, yakni Kusnandar yang dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Agribisnis pada FP. Kusnandar merupakan Guru Besar ke-281 UNS dan ke-42 FP. 

Dia akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul Strategi Networking UMKM Agribisnis dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing.

Kelima Witri Wahyu Lestari dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Metal Organic Frameworks (MOF) pada FMIPA. Dia merupakan Guru Besar ke-282 UNS dan ke-25 FMIPA 

Orasi yang disampaikan yakni Peranan Material Cerdas Berbasis Metal-Organic Framework (MOF) dalam Bidang Lingkungan, Energi, dan Biomedis.

September 2023 UNS akan mengukuhkan 22 Guru Besar baru. Lima Guru Besar baru dikukuhkan pada Selasa (19/9/2023) lalu, lima lainnya dikukuhkan Kamis (21/9/2023), enam Guru Besar selanjutnya dikukuhkan Senin (25/9/2023), dan enam Guru Besar sisanya akan dikukuhkan lagi pada Rabu (27/9/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya