SOLOPOS.COM - Sajian nasi pecel yang merupakan menu utama Depot Nasi Pecel Madiun, Jawa Timur. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, MADIUN — Tim Ekspedisi Mudik Solopos 2024 mencoba mencicipi salah satu kuliner legendaris di Kota Madiun, Jawa Timur, yakni Depot Nasi Pecel 99, pada Senin (8/4/2024) malam.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Sekilas dari luar warung makan ini tidak nampak istimewa, bangunanya sederhana, hanya ada tulisan besar bertulis “Nasi Pecel 99”. Nama itu diambil dari lokasi warung itu berada yakni Jl. Cokroaminoto No. 99, Kota Madiun.

Meski bangunannya cukup sederhana, namun pelanggan malam itu tidak kunjung habis. Semakin malam malah semakin ramai. Bahkan pelanggan yang datang harus rela antre untuk pesan.

Meski begitu antreannya tidak terlalu lama, hanya sekitar 10 menit kami sudah bisa menyantap pecel legendaris yang sudah berdiri sejak 1987 itu.

Nasi disajikan dengan daun pisang dengan aneka lauk dan sayur juga tersedia lengkap. Satu porsi nasi pecel sudah dilengkapi dengan bayam, kacang panjang, bunga turi dan taoge. Lalu aneka sayur itu diguyur sambal kacang yang pedas, gurih, dan kental yang membuat nasi pecel di kedai itu jadi terasa spesial.

Suasana Depot Nasi Pecel Madiun, Jawa Timur yang ramai dikunjungi pelanggan, Senin (8/4/2024) malam. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Suasana Depot Nasi Pecel Madiun, Jawa Timur yang ramai dikunjungi pelanggan, Senin (8/4/2024) malam. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa memilih lauk yang tersedia seperti paru, telur, ayam, daging, hingga limpa, tidak lupa juga disediakan karak. Satu porsi nasi pecel dihargai sangat murah yakni Rp7.000 sampai Rp8.000.

Nasi pecel ini buka setiap hari hingga malam. Warung yang tidak pernah sepi ini ternyata sudah sangat populer di kalangan pejabat negara. Tokoh-tokoh nasional banyak yang sudah mampir di warung makan ini.

Hal itu terlihat dari foto yang dipajang di setiap sudut tembok warung. Nama-nama seperti Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Moeldoko; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono; Sri Sultan Hamengkubuwono X; dan yang paling sering adalah Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Melansir dari Antara, depot Nasi Pecel 99 saat ini dipimpin oleh perempuan yang akrab disapa Ibu Ati. Dia mewarisi usaha kuliner tersebut dari mendiang orang tuanya.

Depot Nasi Pecel 99 disebut tidak membuka cabang, hanya ada satu gerai terletak di dekat stasiun yang berfungsi untuk melayani pelanggan. Jadi, buat Anda yang mudik ke Madiun, jangan lewatkan untuk mencoba menu kuliner yang satu ini.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program yang diselenggarakan oleh Solopos Media Group. Program ini juga didukung oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng&DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya