SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan Pramuka di Klaten. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Sejarah Hari Pramuka yang diperingati 14 Agustus setiap tahunnya di Indonesia ini memiliki cerita yang menarik karena sudah ada sejak 62 tahun silam.

Tak hanya di Indonesia, Pramuka juga ada di negara lain dengan sebutan lain, yakni Scouting atau Scount Movement. Mengutip laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, tanggal 14 Agustus 1961, Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) diperkenalkan kali pertama kepada seluruh rakyat Indonesia.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Kala itu, di Jakarta sekitar 10.000 anggota Pramuka mengadakan apel besar yang diiringi pula dengan kegiatan pawai tentara di depan Presiden Soekarno. Dulu, sebelum kegiatan pawai tentara, Presiden Soekarno melantik anggota Mapinas, Kwarnas, dan Kwarnari, di Istana negara. Tak hanya itu, Presiden juga menyampaikan anugerah tanda penghargaan serta kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No.448 Tahun 1961).

Berdasarkan catatan sejarah Hari Pramuka, tanda penghargaan tersebut diberikan kepada Presiden Soekarno kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Nah, Peristiwa perkenalan Gerakan Pramuka pada 14 Agustus 1961 ini kemudian diperingati sebagai Hari Pramuka. Hingga saat ini, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dijuluki sebagai Bapak Pramuka Indonesia.

Sementara itu, di dunia pergerakan Pramuka tak lepas dari sosok Lord Baden Powell. Dia seorang anggota angkatan darat di Inggris. Dia sempat menulis buku yang berjudul Scouting for Boys yang berisi panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan dan ketangkasan, cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral.

Ide dari Lord Baden Powell ini kini menyebar di seluruh dunia. Hari lahir Robert Baden-Powell yakni tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional. Ia lahir di London pada 22 Februari 1857.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya