SOLOPOS.COM - Upacara bendera di Istana Negara di Jakarta, Minggu (17/8/2014). (JIBI/Bisnis/Yayus Yuswoprihanto)

Solopos.com, SOLO — Cara mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara di Jakarta pada 17 Agustus 2023 ini wajib masyarakat ketahui lantaran pemerintah telah menyiapkan 8.000 undangan dalam acara tersebut.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk memperingati HUT RI ke-78 pada tahun ini, pemerintah juga menggelar upacara pada Kamis, 17 Agustus 2023 di Istana Negara. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pemerintah telah menyiapkan 8.000 undangan baik untuk Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di sore harinya.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

“Tanggal 17 Agustus kami sudah mempersiapkan. Ada sedikit perbedaan, pertama kami [akan menyiapkan] sepenuhnya undangan fisik, jumlahnya kurang lebih 8.000. Tentunya kami meminta maaf jika peserta ini atau undangan animo yang cukup banyak untuk hadir di Istana tidak bisa kami penuhi semua karena keterbatasan tempat,” ujar dia, dilansir Antara, Senin (31/7/2023).

Heru pun menjelaskan cara mengikuti upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara. Dia mengimbau masyarakat yang ingin mendaftar bisa mengunjungi laman www.pandang.istanapresiden.go.id. Di laman tersebut, masyarakat bisa mendaftar secara online.

Cara dan Syarat Daftar Mengikuti Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara, berikut ini di antaranya:

  • Mengisi formulir permohonan pada halaman registrasi.
  • Berusia minimal 12 tahun ke atas dan tidak diperkenankan membawa balita.
  • Undangan berlaku untuk satu orang dan tidak dapat diwakilkan.
  • Membawa undangan resmi saat upacara (undangan diambil langsung di Gedung Krida Bhakti sesuai dengan jadwal pengambilan yang diinformasikan melalui email).
  • Membawa KTP saat pengambilan undangan resmi.
  • Menempati tempat duduk sesuai dengan blok yang tertera pada undangan.
  • Telah malakukan vaksin ketiga Covid-19 (booster).
  • Diperkenankan memakai pakaian nasional/ baju adat.
  • Tidak membawa makanan dan minuman ke dalam Istana.
  • Menjaga suasana kondusif pada saat upacara berlangsung.

Setelah memperhatikan syarat-syaratnya, berikut ini cara mendaftar untuk mengikuti upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara untuk memeriahkan HUT RI ke-78.

  1. Membuka laman Pandang.istanapresiden.go.id.
  2. Mengisi form pendaftaran. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan KTP. Email yang dimasukkan disarankan menggunakan akun Gmail.
  3. Setelah pendaftaran, masyarakat akan menerima link konfirmasi melalui email. Peserta diwajibkan melakukan konfirmasi dengan cara klik tautan konfirmasi yang dikirim ke email sesaat setelah mendaftar atau maksimal 24 jam.
  4. Jika lolos verifikasi, masyarakat akan mendapatkan jadwal pengambilan undangan resmi yang akan diinformasikan melalui email.
  5. Peserta membawa undangan resmi, membawa kartu identitas dan menempati tempat duduk sesuai dengan blok yang tertera pada undangan resmi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya