SOLOPOS.COM - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyambut Bacapres Anies Baswedan dan Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023)/Dok. Istimewa.

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima Bakal Calon Presiden Anies Baswedan dan Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).  

Berdasarkan rekaman video dan foto yang diterima Bisnis, SBY tampak menerima Anies dan Tim 8 di ruangan yang tampak seperti perpusatakaan di dalam kediamannya. 

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Mereka duduk dalam posisi melingkar, dengan posisi tempat duduk SBY berada di samping Anies.  

Sebelum melaksanakan pertemuan itu, jajaran DPP Partai Demokrat yang menunggu di Puri Cikeas ikut menyambut Anies dan Tim 8. 

Mereka dijamu dengan suguhan bakso. SBY mengatakan bahwa menu bakso yang dihidangkan malam ini bersejarah, jika mengingat Pemilihan Presiden (Pilpres) sekitar 20 tahun yang lalu.  

“Sengaja kita suguhkan Bakso Sukowati karena itu punya riwayat sejarah perjuangan long-longtime ago, tepatnya tahun 2004,” ujar Presiden ke-6 itu dikutip dari rekaman video dilansir Bisnis.com, Jumat (25/8/2023).  

Seperti diketahui, SBY keluar sebagai pemenang dalam Pilpres 2004 dan 2009. Kemenangan itu mengantarkannya menjadi Presiden selama 10 tahun atau dua periode.  

SBY juga bernostalgia dengan ruang pertemuan yang digunakan untuk menjamu Anies Baswedan dan Tim 8 malam ini. Ruangan itu, katanya, merupakan saksi sejarah pertemuan para tokoh pada Pilpres 2004 dan 2009.  

“Ruangan ini juga bersejarah, dulu pertemuan-pertemuan yang Pilpres 2004 dan 2009 juga dilaksanakan di tempat ini. Alhamdulillah Allah berikan jalan,” terangnya.  

Berdasarkan pantauan di lokasi, Anies tiba sekitar pukul 07.12 WIB dan langsung disambut oleh sejumlah jajaran DPP Partai Demokrat, seperti Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky dan Juru Bicara DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.  

Pertemuan Anies dan petinggi partai-partai koalisi pengusungnya itu diawali sebelumnya dengan bertemu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Kamis (24/8/2023).  

“Pertemuan akan membahas berbagai hal strategis terkait Pilpres 2024,” dikutip berdasarkan keterangan Sekjen DPP Partai Demokrat dan Anggota Tim 8 Teuku Riefky Harsya, Jumat (25/8/2023).  

Teuku menjelaskan bahwa penjajakan Koalisi Perubahan untuk Persatuan telah dimulai sejak satu tahun yang lalu dan telah ditindaklanjuti dengan penandatangan Piagam Kerja Sama Tiga Parpol pada 14 Februari 2023.  

Jelang dua bulan pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies dijadwalkan untuk berdiskusi secara langsung dengan pimpinan tiga parpol koalisi secara bergantian.  

“Dalam AD/ART Partai Demokrat, kewenangan kebijakan Partai terkait Pilpres, ada di MTP [Majelis Tinggi Partai] dan Ketuanya adalah Pak SBY,” kata Teuku. 

Di sisi lain, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan bahwa pertemuan Anies dan Surya Paloh yang sudah digelar sebelumnya, Kamis (24/8/2023), terkait dengan perkembangan koalisi di berbagai wilayah.  

Menurutnya, perkembangan yang disampaikan Anies kepada Surya Paloh menunjukkan optimisme Koalisi Perubahan di berbagai daerah. 

Willy juga menyebut pertemuan dengan Surya Paloh merupakan pertemuan rutin bulanan yang dilakukan juga kepada ketua umum partai lain koalisi pendukung Anies.  

Dengan menjalin berbagai pertemuan dengan para petinggi dan pimpinan partai koalisi, Willy menegaskan bahwa Koalisi Perubahan tetap fokus mendukung Anies Baswedan sebagai Bacapres kendati disebut banyaknya tawaran lain yang datang. 

“Kita tetap fokus [mendukung] Anies sebagai calon presiden Koalisi Perubahan walaupun ada tawaran ABC, tetapi kita tetap fokus Anies yang menjadi Capres Koalisi Perubahan,” tuturnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “SBY Jamu Anies dengan Bakso, Nostalgia Kemenangan Pilpres 2004 dan 2009”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya