SOLOPOS.COM - SMU UKSW kembali gelar POM tahun 2023, hari pertama pertandingan tradisional games di lapangan Sepak Bola UKSW, Senin (26/6/2023).

Solopos.com, SALATIGA – Senat Mahasiswa Universitas (SMU) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) sebagai agenda tahunan. Kegiatan ini diikuti perwakilan 17 kontingen yang terdiri dari 14 fakultas di UKSW dan program Pascasarjana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMA dan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga.

Ketua POM UKSW Tahun 2023, Salomo Sopacuaperu, menyebutkan kegiatan POM tahun ini mengusung tema Sports Unites Differences, mengandung makna mempererat persaudaraan, saling bertanggung jawab dan saling mengasihi tanpa melihat perbedaan.

“Sebagai Kampus Indonesia Mini tentunya dari Sabang sampai Merauke ada di sini. Jadi kegiatan POM ini bukan ajang untuk saling menjatuhkan, melainkan mempererat tali persaudaraan dan sebagai alat mempersatukan kita,” tuturnya.

Cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan meliputi 12 cabor yaitu sepak bola, basket, futsal, voli, badminton, tenis meja, biliar, catur, dance dan E-Sport terdiri dari PUBG, Mobile Legends, Valorant, dan PES.

Selain itu juga dipertandingkan traditional games seperti bakiak, tarik tambang, estafet air, giring bola dan sentilan maut. Salomo menuturkan POM UKSW tahun 2023 sedikit berbeda dari kegiatan sebelumnya. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) ini menyebutkan kali ini turut dipertandingkan fun run sebagai cabor baru.

Perbedaan dengan sportivitas

Lebih lanjut disampaikannya, melalui kegiatan POM UKSW ini diharapkan menjadi langkah awal ke depan bagi rekan-rekan mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam pertandingan lain, misalnya POM Rayon hingga POM Provinsi (POM Prov).

POM UKSW tahun 2023 resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Yafet Yosafat Wilben Rissy, S,H., M.Si., LLM, Ph.D (AFHEA), Senin (26/6/2023) siang di Lapangan Sepak Bola UKSW. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong, melakukan tendangan penalti, dan penyerahan piala oleh WR KK kepada ketua panitia.

Dalam sambutannya, WR KK Yafet Rissy, berpesan kepada peserta untuk bertanding secara sportif, gembira serta mampu mengasah kemampuan berolahraga.

“Saya mendukung tema yang diangkat. Mari menyikapi perbedaan dengan sportivitas karena nilai tertinggi dari olahraga adalah mempersatukan perbedaan,” ungkapnya.

Setelah opening ceremony kegiatan dilanjutkan dengan pertandingan futsal, traditional games, E-Sport (PUBG) dan biliar. Ajang pesta mahasiswa ini akan berlangsung hingga 8 Juli 2023 mendatang. Jangan sampai ketinggalan, informasi jadwal pertandingan POM UKSW tahun 2023 dapat diakses pada laman akun Instagram Pekan Olahraga Mahasiswa UKSW @pom_uksw.

Rekomendasi
Berita Lainnya