SOLOPOS.COM - Cawapres no urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan gagasannya dalam debat perdana cawapres di JCC Senayan, Jumat (22/12/2023) malam. (Istimewa/Tangkapan Layar/Kompas TV)

Solopos.com, SOLO — Pengamat teknologi dan multimedia sempat mencurigai microphone yang dikenakan Gibran Rakabuming Raka pada Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023). Dia curiga terjadi kecurangan lantaran jumlah mic yang dipakai Gibran berbeda dari kandidat lainnya, yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud Md.

Kecurigaan itu disampaikan Roy Suryo melalui akun Twitter @KMRTRoySuryo1. Dalam kicauannya dia meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) berlaku adil kepada semua kandidat.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Kemarin sdh saya duga, Utk menghindari CHEATING, Sebaiknya next KPU ADIL. Kenapa si No 2 ini sampai gunakan 3 (TIGA) MIC sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set. Apa gunanya juga ada EARPHONE ? SIAPA yg bisa FEEDING ke Telinganya ? Mengapa 2 Calon yg lain BEDA ? AMBYAR,” cuitnya.

Menanggapi kicauan tersebut, calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan, setiap cawapres memang memakai tiga mic yang sama.

“Ada tiga memang, semuanya punya jatah yang sama. Jadi ada menempel di telinga, ada yang kemudian mikrofon yang dijepit (clip on) di baju, dan ada mikrofon yang dipegang (handheld),” kata Ganjar, Minggu (24/12/2023).

Ganjar mengatakan bahwa fungsi ketiga mic tersebut adalah sebagai cadangan kalau-kalau salah satu mic mengalami masalah.

“Sebenarnya kalau saya ditanya, saya tidak tahu teknologi yang lebih canggih soal itu. Rasa-rasanya sih mereka menyiapkan tiga untuk cadangan, kalau satu tidak berfungsi masih ada pegangan,” katanya menambahkan.

Kecurigaan Roy Suryo tentang Gibran memakai tiga mic sebagai bentuk kecurangan juga dibantah oleh Ketua KPU, Hasim Asy’ari.

“Semua cawapres pake alat yang sama. Semua cawapres pake 3 mic untuk antisipasi ada mic yang mati. Bukan ear feeder. Itu mic yang ditempel di pipi dan dicantolin di kuping,” kata Hasyim dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya