SOLOPOS.COM - Pakar filsafat yang aktif sebagai pengamat politik Rocky Gerung. (Youtube-Rocky Gerung Official)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik yang dikenal sangat kritis kepada pemerintah, Rocky Gerung, menolak rencana penghargaan Bintang Mahaputera dari Presiden Jokowi untuknya.

Penghargaan Bintang Mahaputera sebelumnya telah diberikan kepada dua tokoh yang juga kritis ke pemerintah, Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Alih-alih berbangga, Rocky malah menganggap penghargaan Jokowi untuknya sebagai sebuah olok-olok.

“Saya rasa ini olok-olok, saya sebut ini olok-olok karena Mahfud Md ingin brandingkan dirinya sebagai orang yang netral yang tidak benci oposisi, itu poin plusnya tu,” kata Rocky Gerung kala berbincang dengan jurnalis senior Hersubeno Arief.

Kemudian ketika ditanya apakah Rocky akan menerima penghargaan tersebut andai benar-benar diberikan, jawabannya sudah bisa ditebak.

“Pasti saya tolak. Apa nggak cukup Fadli Zon dan Fahri Hamzah yang berupaya ditutup mulutnya. Jadi sebenarnya ini nggak berhasil kan?,” tambahnya.

Rocky mengatakan yang dibutuhkan bangsa saat ini bukanlah penghargaan-penghargaan individu, namun penghargaan terhadap kebebasan berpendapat dan beroposisi.

Jadi ketimbang memberikan Bintang Mahaputera, Rocky menyarankan agar Jokowi memberikan ruang opsisi untuk menyampaikan pendapatnya tanpa diganggu para buzzer.

“Jadi sebetulnya penghargaan-penghargaan ini kan dalam imajinasi saja. Apa pentingnya perhargaan, yang penting sistem kita ini diformalkan ada opsisi. Itu baru penghargaan kepada rakyat, bukan pada individu.”

Rencana Jokowi memberikan penghargaan untuk Rocky Gerung itu diungkap oleh Menkopolhukam Mahfud Md.

Presiden Jokowi sempat mengusulkan nama Rocky Gerung agar mendapatkan Bintang Mahaputera seperti Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Mahud Md. menyatakan, menurut Jokowi, kritik Rocky Gerung yang dialamatkan kepada pemerintah harus mendapatkan apresiasi.
“Pak Jokowi pernah bilang, ketika saya mengusulkan diberi bintang Mahaputra kepada orang-orang yang sudah berjasa ke negara, siapa misalnya? Malah Pak Jokowi sambil bergurau berkata gitu, carilah orang yang berprestasi, yang kritis, pinter, misalnya Rocky Gerung,” kata Mahfud MD dikutip dalam podcast Youtube Sekretariat Kabinet, Jumat (6/7/2023).

Mahfud kemudian mengatakan usulan disampaikan Jokowi sambil tertawa tapi bukan mengejek melainkan dengan serius.

“Itu (Rokcy) kan paling kasar kepada Pak Jokowi, tapi Pak Jokowi sambil ketawa ‘kenapa Rocky Gerung tak diusulkan?’ Tapi bukan nada marah, bukan mengejek itu dengan serius, bergurau tapi bukan ngejek,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Tegas, Rocky Gerung Tolak Penghargaan Bintang Mahaputera Usulan Jokowi”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya