SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar bersama para pendukungnya tiba di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Pasangan bakal capres dan bakal cawapres yang diusung Koalisi Perubahan tersebut mendaftarkan diri mereka sebagai peserta dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Solopos.com, JAKARTA — Pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Dalam pernyataan resminya seusai menyerahkan berkas pendaftaran, bakal capres Anies mengapresiasi kinerja profesional. Menurutnya, hal itu merupakan awalan yang baik.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Kami percaya KPU akan melakukan proses verifikasi hingga pelaksanaan dengan profesional. Ini menjadi satu awalan terlaksananya pemilu aman, damai, tenang, teduh. Kita berharap semua yang terlibat menjaga suasana persatuan, kebersamaan, pikiran, gagasan, satu bangsa satu negara satu tujuan, itu spiritnya,” kata dia, dipantau dari tayangan Breaking News KompasTV.

Anies melanjutkan, pasangan Amin membawa gagasan perubahan untuk dirasakan keluarga di Indonesia.

“Kami menginginkan harga kebutuhan pokok terjangkau, petani, peternak, nelayan yang lebih sejahtera. Kami juga ingin kesetaraan, kesempatan bekerja, masa depan lebih baik lewat pendidikan, perlindungan kesehatan yang baik, idenya adalah gagasan perubahan memberikan keadilan dan kesetaraan,” tandasnya.

Dilansir Antara, pasangan Anies – Cak Imin didampingi oleh ketua umum dan petinggi partai dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) mendaftarkan diri maju sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024.

Anies-Muhaimin (AMIN) yang kompak mengenakan atasan putih sempat kesulitan memasuki Kantor KPU RI karena lautan massa di sepanjang Jalan Imam Bonjol sehingga menyulitkan orang membuka jalan.

Namun, satu per satu rombongan Anies-Muhaimin berhasil masuk ke Kantor KPU RI, mulai dari Ketua Umum NasDem Surya Paloh pukul 09.43 WIB, kemudian Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali yang berjalan beriringan dengan Surya Paloh, lalu ada istrinya Anies, Fery Farhati Ganis, dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsy, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, dan Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni.

Muhaimin masuk terlebih dahulu dari gerbang paling timur dekat halte dan langsung berjalan cepat ke arah samping pintu masuk utama, kemudian disusul Anies yang berjalan di belakangnya.

Anies-Muhaimin menjadi pasangan bakal capres dan bakal cawapres pertama yang mendaftarkan diri mereka pada hari pertama pendaftaran ke KPU dibuka. Pasangan itu saat ini didukung Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri atas NasDem, PKB, dan PKS.

Rombongan Anies-Muhaimin memulai rangkaian pendaftarannya di kediaman masing-masing, kemudian berlanjut ke Kantor DPP PKS, Kantor DPP PKB, dan terakhir ke NasDem Tower yang merupakan Kantor DPP NasDem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya