SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 Ridwan Kamil bersama anaknya meninggalkan Gedung Sate seusai serah terima dan pisah sambut jabatan penjabat gubernur di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/9/2023). Bey Machmudin resmi memimpin pemerintahan Jawa Barat hingga pelaksanan pilkada serentak di tahun 2024. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/Spt.

Solopos.com, JAKARTA — Nama mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sempat menggema sebagai kandidat terkuat bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo.

Ridwan Kamil yang juga politikus Partai Golkar mengaku sudah dipanggil Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan ditawari sebagai cawapres Ganjar.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Namun peluang Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, sudah tertutup.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani memastikan Ridwan Kamil sudah tidak mungkin mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal calon wakil presiden seiring dengan perbedaan koalisi.

“Tadinya kan muncul nama Mas AHY, tapi karena Demokrat sudah memutuskan menentukan ke Pak Prabowo, ya, tentu saja sepertinya tak mungkin. Pak RK (Ridwan Kamil) juga, Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo,” ujar Puan ditemui di Ponpes Al Hamid, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Puan mengatakan terdapat sejumlah nama yang berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo, seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, dan Mahfud Md.

Kendati demikian, pembahasan mengenai bakal calon wakil presiden masih sangat dinamis.

PDIP beserta seluruh ketua umum partai koalisi akan segera menggelar rapat koordinasi terkait dinamika politik saat ini.

“Ya dengan perubahan dinamika seperti ini, saya kira akan ada perubahan-perubahan lagi. Nanti kami akan segera melakukan rapat koordinasi dengan para ketum, dengan Ibu Mega, terkait perubahan dinamika,” kata Puan seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dia mengatakan PDIP beserta parpol koalisi masih memiliki waktu hingga sebulan ke depan untuk menetapkan siapa yang akan menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo.

“Masih lama pendaftarannya, masih sebulan. Semuanya berharap segera diputuskan, tapi tiap partai punya strateginya masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo masih dalam tahap pembahasan oleh para ketua umum partai politik pendukung.

Menurutnya, penentuan bakal cawapres sangat vital mengingat parpol pendukung Ganjar Pranowo menargetkan kemenangan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya