SOLOPOS.COM - Cawapres no urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan gagasannya dalam debat perdana cawapres di JCC Senayan, Jumat (22/12/2023) malam. (Istimewa/Tangkapan Layar/Kompas TV)

Solopos.com, GARUT — Calon Wakil Presiden (Cawapres) koalisi perubahan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memprotes pemilihan dua Guru Besar Universitas Pertahanan menjadi panelis debat ketiga. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merilis 11 nama panelis debat ketiga Pilpres 2024 yang akan digelar pada Minggu (7/1/2024).

Para panelis tersebut akan merumuskan pertanyaan debat calon presiden (capres). Politikus PKB itu merasa penunjukan Guru Besar Unhan akan menggangu objektifitas debat karena Universitas tersebut berada di bawah kendali Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Ya terus terang saya protes, karena itu mengganggu obyektivitas, karena apapun Unhan di bawah Pak Prabowo,” kata Cak Imin di Garut, Kamis (4/1/2024).

Cak Imin menyampaikan bahwa dirinya berharap adanya pergantian untuk satu panelis yang berasa dari Unhan tersebut dalam debat capres nanti. “Saya protes syukur-syukur bisa diganti,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU August Mellaz mengungkapkan 11 nama panelis tersebut usai melakukan rapat persiapan debat ketiga dengan perwakilan ketiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden serta stasiun televisi penyelenggara di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Rabu (3/1/2024).

“Kami sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan dari 11 orang debat ketiga nanti” ungkap Mellaz seusai rapat.

Berikut 11 nama panelis debat ketiga Pilpres 2024:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)

3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)

4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)

5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)

6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)

7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)

8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan dan Purnawirawan Laksamana TNI)

9. Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)

10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran)

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Cak Imin Protes Panelis Debat Anak Buah Prabowo: Ganggu Objektivitas!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya