SOLOPOS.COM - Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo berpegangan tangan seusai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal debat Pilpres 2024, yakni sebanyak 5 kali, pembagiannya 3 kali untuk capres dan 2 kali untuk cawapres, berikut jadwal debat capres-cawapres ketiga, lantaran debat pertama untuk capres dan debat kedua untuk cawapres telah dilaksanakan.

Melansir dari Antara, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta, Rabu (6/12/2023), menjelaskan bahwa debat pertama itu untuk capres, debat kedua untuk cawapres, debat ketiga untuk capres, debat keempat untuk cawapres, dan debat terakhir untuk capres.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Selain urutan debat, Hasyim juga mengumumkan tema untuk debat capres dan cawapres bagi ketiga pasangan calon (paslon).

Debat pertama temanya meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua, temanya salah satunya meliputi perekonomian, termasuk ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital.

“Debat kedua yang menjadi porsinya cawapres untuk berdebat, temanya adalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, serta perkotaan,” katanya.

Tema ketiga meliputi pertahanan dan keamanan, sedangkan tema keempat terkait dengan pembangunan keberlanjutan.

Debat ketiga yang menjadi porsi debat capres, kata dia, temanya adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

“Debat keempat yang menjadi porsinya cawapres temanya adalah pembangunan keberlanjutan, kemudian sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa,” ujarnya.

Tema debat terakhir, lanjut dia, yang menjadi porsinya debat capres meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Untuk debat pertama, kata Hasyim, akan dilaksanakan di Kantor KPU RI pada tanggal 12 Desember 2022, dan debat terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya