News
Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:09 WIB

Profil Universitas Pignatelli Triputra: Kampus Bereputasi Unggul

Nugroho Meidinata  /  Ginanjar Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Universitas Pignatelli Triputra (Upitra). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) merupakan perguruan tinggi yang dulunya ABA Pignatelli dan STIE Pignatelli. Pada Juli 2022, dua institusi tersebut bergabung menjadi satu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 511/E/0/2022 menjadi Universitas Pignatelli Triputra.

Nama Pignatelli sendiri dipilih sesuai dengan identitas dua institusi sebelumnya. Pignatelli merupakan sebuah sosok dalam Katolik yang memiliki keteladanan dalam sifat tahan uji. Sifat tahan uji tersebut lah yang dapat menjadi modal bagi Upitra untuk terus gigih, tekun, dan konsisten dalam memajukan pendidikan Indonesia serta menciptakan lulusan yang berkarakter di dunia industri.

Advertisement

Meski mengambil nama tokoh Katolik, Upitra yang kampusnya terletak di Jl Duwet, Laweyan, Solo ini menerima mahasiswa dari berbagai kalangan. Seperti tertuang dalam visi nya, UPITRA menjunjung tinggi nilai kebhinekaan demi Indonesia yang semakin bermartabat.

“Semua agama bisa masuk ke Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) karena kampus ini Kampus Nasional bersemangat kebhinekaan.” ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Pignatelli Triputra, Thomas Ambar Prihastomo kepada Solopos.com, Jumat (28/7/2023).

Advertisement

“Semua agama bisa masuk ke Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) karena kampus ini Kampus Nasional bersemangat kebhinekaan.” ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Pignatelli Triputra, Thomas Ambar Prihastomo kepada Solopos.com, Jumat (28/7/2023).

Dalam menjalankan roda pendidikan, Upitra memegang empat nilai, yakni Integrity & Ethics, Excellence, Compassion, dan Humility. Keempat nilai tersebut mengadopsi nilai-nilai yang dipegang Triputra Group, holding yang bekerja sama dengan perguruan tinggi satu ini. Triputra Group merupakan perusahaan yang menaungi empat lini bisnis, yakni agribisnis, manufaktur, pertambangan, trading, dan jasa.

Integrity & Ethics, singkatnya menjalani hidup dengan transparan dan jujur. Kedua Excellence, menghasilkan karya yang lebih dari yang diharapkan dalam situasi apapun. Compassion, menempatkan kemanusiaan dan tujuan yang lebih mulia di atas kepentingan pribadi dan Humility harus memiliki kerendahan hati, membuka diri, dan terus memperbaiki diri” kata Ambar.

Advertisement

Tak hanya Triputra Group, Upitra juga bekerja sama dengan Persada Group, holding yang menaungi beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, seperti perkebunan, pertanian, konstruksi, properti, pertambangan, hingga pelayanan kesehatan.

Fakultas & Prodi di Upitra

Upitra memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Vokasi. Ketiga fakultas tersebut masing-masing memiliki program studi, di antaranya S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Sistem Informasi, S1 Informatika, S1 Rekayasa Perangkat Lunak, D3 Bahasa Inggris, D3 Akuntansi, dan D3 Manajemen Keuangan.

Advertisement

Masing-masing program studi di Universitas Pignatelli Triputra ini rata-rata berakreditasi “Baik”. Dari sekian banyak program studi di Upitra, ada beberapa yang menjadi favorit bagi calon mahasiswa.

“Tahun lalu favorit S1 Akuntansi. Tahun ini PMB justru naik di S1 Manajemen dan S1 Rekayasa Perangkat Lunak yang mempelajari software engineering, programming, dan software. D3 Bahasa Inggris animonya juga meningkat lagi. Semua prodi dan universitas terakreditasi baik,” jelas Ambar.

Universitas yang saat ini memiliki sekitar 400-an mahasiswa dan lebih dari 40 dosen ini juga mempunyai latihan kepemimpinan yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa di semester 3, yakni Bina Karakter Mahasiswa.

Advertisement

Dari sisi fasilitas, meski baru setahun berjalan, Upitra telah melengkapi diri dengan tiga unit pendukung pendidikan, yaitu Galeri Investasi, Tax Canter, dan Language Center. Berbagai fasilitas itu jelas akan menjadi sumber ilmu dan pengalaman baru bagi segenap keluarga besar Upitra, termasuk mahasiswa karena sejalan dengan keilmuan yang ditekuni.

Kemudian, ada juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mengasah keterampilan mahasiswa. Upitra memiliki 12 (dua belas) UKM yang terbagi dalam 4 (empat) rumpun yakni Rumpun Penalaran, Rumpun Seni dan Budaya, Rumpun Olahraga, dan Rumpun Pelayanan.

Di tahun ini, Universitas Pignatelli Triputra juga akan memulai renovasi gedung dan sarana prasarana pendukung pendidikan dengan mengusung konsep Green Smart Campus.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif