SOLOPOS.COM - Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang memberi salam saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023). (Antara/Raisan Al Farisi)

Solopos.com, JAKARTA — Baru-baru ini Panji Gumilang sebagai pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun mencuri perhatian masyarakat pasalnya ia sering melontarkan pernyataan kontroversi, berikut biodata lengkapnya.

Sejumlah kontroversi yang dilakukan Panji Gumilang, di antaranya menyebut bahwa Pondok Al Zaytun menganut mazhab Ahmad Soekarno, taubat zina cukup membayar uang, tata cara salat Idul Fitri yang berbeda, menjadikan wanita sebagai khatib shalat, hingga salam Yahudi. 

Promosi BRI Peduli Salurkan Bantuan CSR di SDN 01 dan 02 Gunung Geulis Bogor

Pimpinan Ponpes Al Zaytun ini dilaporkan ke Mabes Polri oleh Dewan Pimpinan Pusat Forum Advokat Pembela Pancasila pada Jumat (23/6/2023) dengan tuduhan meresahkan masyarakat. 

Bukan hanya itu, Panji Gumilang juga diundang tim investigasi yang terdiri dari Majelis UIama Indonesia (MUI), Kementerian Agama, dan ormas Islam untuk bertemu di di Kantor Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (23/6/2023). 

Lantas siapa sebenarnya sosok Panji Gumilang pimpinan Ponpes Al Zaytun yang penuh kontroversi ini? Profil Panji Gumilang dirangkum dari berbagai sumber.

Melansir Bisnis.com, Panji Gumilang lahir pada 30 Juli 1946 Gresik, Jawa Timur. Pendidikan formalnya dimulai dari Sekolah Rakyat (SR), kemudian sempat mengenyam pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, hingga kuliah di UIN Syarif Hidayatullah. 

Selama kuliah di UIN Syarif Hidayatullah, Panji Gumilang mengambil Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam. Ia juga tercatat sebagai ketua Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah periode (2006-2013).

Adapun Ponpes Al Zaytun berdiri pada 1 Juni 1993 bertepatan dengan 10 Dzu al-Hijjah 1413 H dirikan oleh Yayasan Pesantren Indonesia (YPI). 

Dilihat dari laman resmi Al Zaytun, pembangunan Al Zaytun dimulai pada 13 Agustus 1996, ponpes ini diresmikan oleh B.J. Habibie pada 27 Agustus 1999. 

Menurut beberapa sumber, Ponpes Al Zaytun  sebetulnya bukan didirikan oleh Panji Gumilang. Ponpes itu didirikan oleh Imam Supriyanto yang menjadi pimpinan Yayasan Pesantren Indonesia (YPI), dan temannya yang bernama Haji Sarwani. 

Namun pada 2005, Haji Sarnawi meninggal dunia sehingga Imam mencari pengurus baru ponpes Al Zaytun. 

Setelah meninggalnya Haji Sarnawai itu, Imam mengaku menunjuk Panji Gumilang untuk menjadi pengurus Al Zaytun. 

Biodata Panji Gumilang

Nama Lengkap: Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang

Nama Terkenal: Panji Gumilang

Tempat, Tanggal Lahir: Gresik, 30 Juli 1946

Pendidikan: Pondok Modern Darussalam Gontor, UIN Syarif Hidayatullah 

Profesi: Pimpinan Pondok Al-Zaytun

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Profil dan Biodata Panji Gumilang Pimpinan Pondok Al-Zaytun”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya