SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di sela peresmian sejumlah infrastuktur industri keuangan di Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/M Solih Januar)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, pada Juli 2024 mendatang.

Dia akan bertolak dari Jakarta menuju ke IKN jika infrastruktur tol dan bandara sudah selesai dibangun. “Juli (nanti). Saya nunggu airport dan tolnya jadi (dahulu),” kata Jokowi di sela peresmian pembangunan sejumlah infrastruktur klaster keuangan di kawasan IKN, Kamis (29/2/2024).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Jokowi memaparkan jika infrastruktur bandara dan tol telah selesai dibangun, maka waktu tempuh dari Bandara Nusantara ke IKN hanya 15 menit.

Pembangunan tol juga akan mempersingkat waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke IKN dari semula sekitar dua jam menjadi 45 menit.

“Jadi, betul-betul nanti kita harapkan dengan adanya fasilitas tol, fasilitas bandara, maka airport traffic ke IKN ini menjadi semakin ramai,” ujar Jokowi secara terpisah, dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Bank Negara Indonesia (BNI) di IKN.

Ketika ditanya wartawan tentang rencananya untuk mulai berkantor di IKN bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Juni 2024, Jokowi menjawab Basuki yang terlebih dahulu akan berkantor di ibu kota baru Indonesia itu.

“Itu Pak Basuki,” katanya singkat sebagaimana dilansir Antara.

IKN ditargetkan bisa mulai beroperasi pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan peringatan HUT ke-79 RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya