SOLOPOS.COM - Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka tampil pada Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023). (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, memberikan pujian kepada pasangannya, calon wakil presiden (cawapres), Gibran Rakabuming Raka, yang telah melalui Debat Cawapres 2024 dengan baik.

Prabowo menyebut hanya Gibran yang berani menyinggung hilirisasi saat sesi debat kedua yang diikuti para calon wakil presiden.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut Prabowo, sikap itu menunjukkan komitmen kuat dirinya dan Gibran untuk mewujudkan hilirisasi jika keduanya menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saudara-saudara banyak yang nonton debat kemarin? Nonton? Satu-satunya pasangan calon yang berani bicara hilirisasi, maaf hanya pasangan calon nomor 2,” kata Prabowo di hadapan pendukungnya dari Gerakan Muslim Persatuan Indonesia Cinta Tanah Air (Gempita) di Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/12/2023).

Oleh karena itu, Prabowo meyakini keputusannya memilih Gibran sebagai calon wakil presiden tepat. Dia juga menilai performa Gibran saat debat kedua itu menepis anggapan banyak orang yang berasumsi Gibran “anak ingusan” — atau belum berpengalaman dalam politik dan pemerintahan.

“Mas Gibran yang dibilang anak ingusan ya kan? Enggak ada apa-apanya, hanya karena anaknya (Presiden) Jokowi, (dia) dihina, diejek, ternyata, tampil dengan, menurut saya, kalau saya guru yang harus kasih nilai saya kasih nilai 9,9,” kata Prabowo yang disambut riuh tepuk tangan pendukungnya.

Dia mengatakan nilai sempurna sengaja tidak dia berikan karena itu hanya milik Allah SWT. Walaupun demikian, Prabowo mengakui barangkali penilaiannya itu tidak objektif, karena Gibran adalah calon wakil presidennya. Namun, Prabowo menjelaskan keputusannya memilih Gibran setelah melalui banyak pertimbangan.

“Waktu itu, wakil yang saya pilih dengan penuh risiko. Anak muda katanya kurang berpengalaman, tetapi waktu itu saya berpikir, kalau saya pilih orang yang sangat berpengalaman, ya kalau pengalamannya baik, kalau pengalamannya adalah pengalaman korupsi bagaimana?” ujarnya sebagaimana dilansir Antara.

Oleh karena itu, kekayaan pengalaman dalam berpolitik tidak menjamin kualitas mereka yang mencalonkan diri dalam pilpres 2024. Prabowo berpendapat dia lebih memilih anak muda, apalagi sosok Gibran yang digembleng langsung oleh ayahnya, Presiden RI Joko Widodo.

“Orang tuanya (Gibran, red.) seorang pejuang Merah Putih, seorang yang membela rakyat Indonesia. Apa salahnya saudara-saudara sekalian?” kata Prabowo.

Terkait hilirisasi, dia menjelaskan pada prinsipnya Indonesia harus mengolah sumber daya alamnya sendiri. “Kekayaan kita, bahan baku kita harus diolah di Indonesia,” ucap Prabowo.

Dia menyebut beberapa mineral yang harus diolah di Indonesia, antara lain nikel, bauksit, timah, emas, perak, batu bara, minyak dan gas bumi.

Prabowo Subianto pada hari ke-30 kampanye Pilpres 2024, Rabu, mengambil cuti untuk berkampanye di Bandung, Jawa Barat. Dia bertolak dari Aceh dan tiba di Bandung pada siang hari.

Di Bandung, Prabowo dijadwalkan hanya menghadiri acara deklarasi dukungan dari Gerakan Muslim Persatuan Indonesia Cinta Tanah Air, kemudian selepas itu dia dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Surabaya, Jawa Timur, untuk menghadiri perayaan Natal nasional bersama Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah menteri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2023. Kemudian, masa tenang berlangsung pada 11–13 Februari 2024. KPU menetapkan pemungutan suara pilpres dan pemilihan anggota legislatif berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya