SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto dalam Debat Pertama Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (KPU)

Solopos.com, SOLO — Pakar politik Universitas Andalas Padang, Asrinaldi, memprediksi calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, akan menerima banyak kritikan pada debat ketiga Pilpres 2024 yang bertema pertahanan, keamanan, hubungan internal, dan geopolitik.

“Justru Prabowo akan menghadapi sikap kritis dari para panelis dan pasangan calon lain,” kata Asrinaldi saat dihubungi Antara di Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Menurut Asrinaldi, pasangan calon lain akan mengkritisi seluruh kebijakan Prabowo selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI.

Beberapa kebijakan, lanjut Asrinaldi, yang mungkin akan dikritisi yakni tentang pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) hingga strategi pertahanan yang sudah dilakukan Prabowo.

Ia mengingatkan agar Prabowo berhati-hati dalam menjawab setiap pertanyaan agar tidak menjadi bumerang untuk dirinya sendiri.

Selain itu, Asrinaldi menilai Prabowo harus menjelaskan visi dan misi serta kebijakan yang akan diperbuat, bukan sekadar tentang apa saja yang telah dilakukan selama menjadi Menteri Pertahanan RI.

“Kalau kerja-kerja itu menteri, tidak perlu presiden kerja. Ini kan debat calon presiden, gagasan kebijakannya seperti apa yang harus dipaparkan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya