SOLOPOS.COM - Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jalan Tirtayasa Raya No. 32, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/Hafiz Mubarak)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyambut baik pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Pertemuan dua tokoh itu dinilai menjadi indikasi bakal adanya kerja sama dua partai politik untuk mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Seperti diketahui, PPP lebih dulu bergabung ke PDIP untuk memenangkan Ganjar Pranowo.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menilai tim teknis yang sepakat dibentuk Partai Golkar bersama PDIP sebagai pertanda baik yang menunjukkan perkembangan maju penjajakan kerja sama politik jelang Pemilu 2024.

“Ya, (tim teknis) itu pertanda baik bahwa penjajakan koalisi dan penjajakan komunikasi dengan Partai Golkar menunjukkan progres bagus,” kata Achmad Baidowi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Melalui tim teknis, kata dia, Partai Golkar bisa beriringan dengan PPP untuk sama-sama mendukung bakal calon presiden (capres) PDIP Ganjar Pranowo untuk mewujudkan wacana pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) plus.

Selaku rekan koalisi di KIB, Juru Bicara PPP itu berharap Partai Golkar pada akhirnya memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo.

“Barangkali nanti Golkar bisa bersama-sama dengan kami mengusung Pak Ganjar sehingga cita-cita kami membentuk KIB plus itu bisa terealisasi, bisa terwujud,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

KIB merupakan gabungan tiga partai politik, yakni Golkar, PPP, dan PAN.

Sejak dideklarasikan setahun lalu, KIB belum mengumumkan bakal calon presiden (capres) maupun bakal calon wakil presiden (cawapres).

Sebelumnya, Kamis (27/7/2023), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan telah ada kesepakatan antara Golkar dan PDIP untuk membentuk tim teknis menjelang Pemilu 2024.

Menurutnya, Partai Golkar sudah membentuk tim teknis sehingga ia mempersilakan PDIP untuk secepatnya membangun tim serupa.

Tim teknis dari Golkar dipimpin Wakil Ketua Umum Mechias Markus Mekeng.

Adapun pada 26 April 2023, PPP resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan nama Ganjar Pranowo diusung sebagai capres pada Pemilu 2024 menyesuaikan keputusan Rapimnas PPP Nomor 05/04/Rapimnas/5/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya