SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo bersama bakal calon presiden Prabowo Subianto (kedua kanan), Ganjar Pranowo (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) makan siang bersama saat melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023). (Antara/Hafidz Mubarak A)

Solopos.com, JAKARTA — Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan 3 bakal calon presiden (bacapres) di Istana Negara pada Senin (30/10/2023) terus menuai komentar netizen. 

Apabila sebelumnya dibahas mengenai gesture Anies Baswedan di hadapan Jokowi, kini muncul teori menempatan tempat duduk saat makan siang berlangsung. 

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Diketahui, makan siang tersebut berlangsung di meja bundar, di mana keempat politisi itu kompak memakai baju batik motif parang. 

Penempatan tempat duduk saat makan siang itu kemudian menimbulkan penilaian netizen, di mana lagi-lagi Anies menjadi sorotan. 

Anies diketahui duduk berseberangan dengan Presiden Jokowi. Sedangan Ganjar dan Prabowo berada di samping kanan-kiri Jokowi. 

Dilansir Bisnis.com, seorang netizen di platform X bernama @arjunaskykok, kemudian menyampaikan teori penempatan tempat duduk yang bernama Competitive/Defensive Position dan Corner Position yang diambil dari westsidetoastmasters.com. 

Anies merupakan capres yang masuk ke dalam teori Competitive/Defensive Position, di mana dirinya berseberangan dengan lawan. 

“Kompetitor saling berhadapan, seperti penempak jitu ala Barat. Duduk di seberang meja dari seseorang dapat menciptakan suasana defensif, kompetitif dan dapat menyebabkan masing-masing pihak mengambil sesuatu,” tulis penjelasan di situs tersebut. 

Teori ini juga menjelaskan bahwa duduk berseberangan memiliki arti bahwa masing-masing kompetitor memiliki sudut pandang berbeda. “…karena meja menjadi penghalang kokoh antara kedua belah pihak,” 

Sedangkan tempat duduk Ganjar dan Prabowo masuk ke dalam Teori Co-operative Position, di mana para kompetitor berada dalam jangkauan yang sama. 

“Ketika dua orang berpikiran sama atau keduanya mengerjakan suatu tugas bersama-sama, posisi ini sering terjadi,” tulis teori tersebut. 

Biasanya orang yang memiliki pandangan yang sama, akan bersikap kooperatif, atau secara intuitif mengambil posisi yang sama ketika diminta bekerja sama.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Posisi Duduk Anies dan Jokowi Berhadapan saat Makan Siang, Simak Teori Unik Netizen”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya