SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD saat ditemui wartawan seusai menjadi pemateri Orasi Kebangsaan dalam Seminar Nasional dan Talkshow Kesyukuran 41 Tahun Pondok Pesantren Modern Islam Assalam, Sabtu (12/8/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. hampir pasti sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

Sejumlah politikus pengusung Ganjar Pranowo memberi kode keras bahwa salah satu kader Nahdlatul Ulama itu bakal dipilih Megawati Soekarnoputri.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kendati, Mahfud pernah dikecewakan koalisi PDIP pada Pilpres 2019 lalu karena urung dipilih Jokowi di menit-menit terakhir pendaftaran di KPU.

Salah satu kode Mahfud cawapres Ganjar datang dari politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka.

Rieke meminta Mahfud Md. untuk tetap konsisten dalam menjaga konstitusi.

“#LajuIndonesia. Tetaplah menjadi penjaga konstitusi pak @mohmahfudmd,” kata Rieke, dikutip dari Instagram resminya @riekediahp, Selasa (17/10/2023).

Rieke saat membagikan unggahan penggalan video dirinya sedang berjalan beriringan dengan Mahfud.

Video tersebut dilengkapi dengan suara latar nyanyian dengan lirik Laju Indonesia, Laskar Juang Indonesia.

Kode lain datang dari artis Anang Hermansyah. Mantan anggota PAN yang kini menyeberang ke PDIP itu menilai Mahfud Md. adalah sosok yang ditunggu masyarakat.

Hal itu disampaikan Anang seusai pertemuan di rumah dinas Mahfud Md., Jalan Denpasar Raya Blok C3, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam.

“Kalau pribadi tidak ada yang tidak suka Pak Mahfud dengan kinerja beliau tidak ada yang tidak suka. Semua orang suka dengan beliau. Makanya, pendapat beliau cukup ditunggu publik,” ujar Anang seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Menurut dia, keputusan sosok bakal cawapres pendamping Ganjar merupakan keputusan partai politik.

Apabila wacana duet Ganjar-Mahfud terwujud, hal itu dinilai baik bagi semua pihak.

“Kalau seandainya beliau menjadi pilihan partai, itu hal baik buat kita semua,” tegasnya.

Partai politik pengusung dan pendukung Ganjar Pranowo yang terdiri atas PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo akan mengumumkan sosok bakal calon wakil presiden di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023) pukul 10.00 WIB.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) Benny Rhamdani pada hari Selasa (17/10/2023) membenarkan bahwa nama pendamping Ganjar yang diumumkan berinisial M.

Namun, dia masih enggan menyebut nama bakal cawapres Ganjar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya