SOLOPOS.COM - Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon hadir untuk memberikan pernyataan permintaan maaf atas ucapan TNI seperti gerombolan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022). (Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA — Internal PDIP dihebohkan dengan manuver kader seniornya, Effendi Simbolon, yang memuji Prabowo Subianto sebagai tokoh yang layak memimpin Indonesia.

Effendi yang kini berada di Komisi I DPR sudah dipanggil DPP PDIP dan memberi klarifikasi.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Versi Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Effendi Simbolon patuh dan tunduk kepada instruksi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Belum selesai heboh soal ini, tiba-tiba berkembang kabar bahwa Effendi Simbolon tidak masuk dalam daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada Pemilu 2024.

Menanggapi kabar Effendi Simbolon tidak masuk daftar caleg PDIP, Hasto Kristiyanto menyatakan saat ini sedang dalam proses finalisasi.

“Nanti kami lihat, sementara ini kelengkapan-kelengkapan data administrasi masih dilengkapi, masih bisa beberapa perubahan-perubahan penyesuaian komposisi dengan melihat dinamika politik. Berdasarkan peraturan KPU masih bisa dilakukan perubahan-perubahan,” kata Hasto kepada awak media di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, seperti dikutip Solopos.com, Rabu (12/7/2023).

Menurut Hasto, PDIP masih melakukan finalisasi untuk menyusun daftar bakal caleg partai ke KPU.

Hasto menegaskan final penyerahan daftar tersebut pada bulan Oktober 2023.

Oleh karena itu, lanjut Hasto, DPP PDIP belum bisa menetapkan siapa bakal caleg yang akan didaftarkan ke KPU, termasuk apakah Effendi Simbolon diajukan sebagai caleg atau tidak.

“Siapa pun yang menjadi caleg belum kami umumkan, yang jelas saya pribadi tidak mencalonkan dan tidak juga dicalonkan sebagai anggota legislatif. Saya konsentrasi fokus pada partai,” ujar Hasto.

Isu yang santer beredar, Effendi Simbolon yang tak dicalonkan oleh PDIP sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2024.

Padahal kader senior PDIP itu telah menjadi anggota DPR sejak Pemilu 1999. Saat ini Effendi Simbolon merupakan anggota Komisi I DPR.

Selain kabar tak jadi caleg, ada informasi santer bahwa Effendi Simbolon bakal keluar dari PDIP dan menyeberang ke Partai Gerindra.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “PDIP Tendang Effendi Simbolon dari Daftar Caleg Pemilu 2024?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya